jantung sehat- kesehatan jantung

Jurnal Kesehatan – Jantung sehat – Cara Menjaga Kesehatan Jantung  – Makanan sehat untuk jantung

Memiliki jantung sehat adalah harapan setiap makhluk hidup, dan jantung merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran paling penting dalam tubuh.

Namun tau kah kamu, cara supaya kesehatan jantung tetap terjaga? Berikut ini adalah beberapa informasi cara menjaga kesehatan jantung yang dapat kamu pelajari dan lakukan dalam kehidupan sehari-hari:

Cara Menjaga Kesehatan Jantung :

Konsumsi Makanan sehat untuk Jantung Berikut ini

Alpukat

Jurnal Kesehatan - Jantung sehat - Cara Menjaga Kesehatan Jantung - Makanan sehat untuk jantung

Alpukat, adalah makanan sehat untuk jantung. Buah ini sesungguhnya dapat menjaga kesehatan jantung padahal termasuk buah yang sering dihindari karena mengandung lemak.

Kandungan di dalam alpukat yang dapat membuat jantung sehat salah satunya adalah vitamin E. Selain vitamin E, alpukat memberikan peran penting bagi sistem tubuh kita berupa pitosterol , beta-sitosterol, campesterol, dan stigmasterol.

Lemak unik ini telah diuji dan terbukti berperan sebagai anti-inflamasi yang bermanfaat sistem kardiovaskular jantung kita, memperlancar peredaran darah sehingga sangat bagus untuk kesehatan jantung.

Selain itu, menurut sebuah studi kesehatan, kandungan asam folat yang ada pada alpukat akan dapat menurunkan homosistein tubuh jika dikombinasikan dengan vitamin B6 dan vitamin B12 secara rutin. Hal ini merupakan salah satu cara menjaga kesehatan jantung kita.

Telur

Jurnal Kesehatan - Jantung sehat - Cara Menjaga Kesehatan Jantung - Makanan sehat untuk jantung

Makanan sehat untuk jantung yang berikutnya adalah telur. Banyaknya kandungan protein yang terdapat di dalamnya, telur menjadi salah satu makanan yang dapat membantu cara menjaga kesehatan jantung, yakni dengan cara menkonsumsinya secara teratur.

Setiap orang pun berbeda-beda cara mengkonsumsinya seperti direbus, digoreng, atau bagaimana pun cara olahannya, hal tersebut tidak akan begitu mempengaruhi tingginya asam amino yang terkandung di dalamnya.

Ikan Sarden

Jurnal Kesehatan - Jantung sehat - Cara Menjaga Kesehatan Jantung - Makanan sehat untuk jantung

Ikan sarden yang sering kita jumpai di pasaran menjadi makanan sehat untuk jantung selanjutnya yang disarankan oleh pakar kesehatan.

Dipercayai dengan mengkonsumsinya dapat membuat jantung sehat. Pasalnya, ikan berukuran kecil ini memiliki kandungan lemak tak jenuh dan omega 3. Sehingga tidak sedikit dokter yang mengatakan bahwa mengkonsumsi ikan sarden secara teratur menjadi pilihan cara menjaga kesehatan jantung.

Jeruk

Jurnal Kesehatan - Jantung sehat - Cara Menjaga Kesehatan Jantung - Makanan sehat untuk jantung

Jeruk adalah salah satu makanan sehat untuk jantung. Seperti yang kita ketahui, jeruk adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Mengkonsumsi jeruk secara rutin adalah salah satu cara menjaga kesehatan jantung. Kok bisa ya?

Selain bagus untuk mengobati sariawan dan kesehatan kulit, ternyata manfaat buah jeruk juga bagus untuk kesehatan jantung. Karena dengan mengkonsumsi buah orange tersebut dapat memperbaiki jaringan sel yang rusak pada jantung, sehingga jantung sehat pun akan kita miliki.

Baca juga  Mari Kita Peduli dengan Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Madu

Jurnal Kesehatan - Jantung sehat - Cara Menjaga Kesehatan Jantung - Makanan sehat untuk jantung

Manfaat madu dalam kesehatan sangat banyak sekali dan beragam, salah satu diantaranya yaitu bagus untuk kesehatan jantung.

Pada dasarnya madu sendiri telah banyak mengandung zat antioksidan, flavonoid, serta dapat membatu mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan kanker.

Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi madu setiap hari menjadi salah satu cara menjaga kesehatan jantung yang disarankan oleh banyak dokter spesialis jantung di indonesia maupun di manca negara.

Kopi

Jurnal Kesehatan - Jantung sehat - Cara Menjaga Kesehatan Jantung - Makanan sehat untuk jantung

Pada umumnya yang kita ketahui menikmati secangkir kopi hangat dapat mengurangi rasa ngantuk yang tak tertahankan, itu dikarenakan adanya kandungan kafein yang ada di dalam kopi.

Namun selain dapat menghilangkan rasa ngantuk, ada juga manfaat kopi untuk jantung. Sebagian orang belum mengetahuinya dan bertanya-tanya bagaimana mungkin kopi dapat menjaga kesehatan jantung.

Cukup aneh bukan? Kopi seringkali menjadi fitnahan sebagai minuman tak sehat yang berbahaya bagi kesehatan jantung. Apakah benar demikian?

Sebenarnya, manfaat kopi untuk jantung dapat diperoleh, sebelum penderita mengalami penyakit itu sendiri. Hal buruk yang seringkali terjadi adalah mengkonsumsi kopi yang ditambah gula.

Manfaat kopi untuk jantung akan dapat kita rasakan apabila kita mengetahui porsi yang baik. Kebiasaan meminum kopi ala moderat terbukti menurunkan resiko penyakit jantung sebesar 11%.

Kandungan flavonoid di dalam minuman kopi tersebut bersifat antioksidan, sehingga dapat dikatakan menikmati kopi juga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan jantung.

Popcorn

Popcorn merupakan salah satu makanan ringan yang berbahan dasar jagung. Sebagian orang menganggap bahwa popcorn adalah makanan yang tidak begitu penting untuk kesehatan.

Namun perlu kalian ketahui, parah ahli gizi mengatakan bahwa makanan yang rasanya sedikit tawar tersebut banyak mengandung polifenol yang baik untuk kesehatan jantung.

Dengan mengkonsumsi popcorn atau makanan jenis lain yang berbahan dasar jagung murni, merupakan salah satu cara menjaga kesehatan jantung yang sangat mudah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Cokelat Hitam

Jurnal Kesehatan - Jantung sehat - Cara Menjaga Kesehatan Jantung - Makanan sehat untuk jantung

Cara menjaga jantung agar tetap sehat selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi cokelat hitam yang sering kita jumpai di pasaran.

Menurut pakar kesehatan, mengkonsumsi makanan yang biasa digemari anak-anak kecil secara tidak berlebihan ternyata dipercaya dapat membuat jantung sehat.

Coklat merupakan makanan sehat untuk jantung karena adanya flavonoid yang terkandung di dalamnya. Flavanoid adalah senyawa penangkal radikal bebas sehingga dapat memperkecil resiko penyakit jantung.

Apel

Jurnal Kesehatan - Jantung sehat - Cara Menjaga Kesehatan Jantung - Makanan sehat untuk jantung

Selanjutnya buah apel menjadi salah satu makanan yang disarankan bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung, karena dengan mengkonsumsi satu atau dua buah apel per hari dapat mengurangi terkena penyakit jantung.

Baca juga  Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Hal ini disebabkan karena adanya kandungan fitonutrien, quercetin dan paktin di dalam buah apel, yang penting untuk dikonsumsi demi mendapatkan cara efektif agar jantung sehat.

Teh Hijau

Jurnal Kesehatan - Jantung sehat - Cara Menjaga Kesehatan Jantung - Makanan sehat untuk jantung

Setelah dilakukan penelitian terhadap teh hijau oleh para ahli kesehatan, ternyata mengkonsumsi teh hijau secara teratur dengan jumlah yang cukup dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Selain membuat jantung sehat, teh hijau juga memberikan manfaat lain seperti mengontrol berat badan, nafas segar serta dapat mengurangi kolesterol.

Namun, disamping mengkonsumsi teh hijau kurang dari 5 cangkir perhari yang menjadi salah satu cara menjaga kesehatan jantung, penting juga mengkonsumsi air putih yang cukup bagi tubuh.

Aktivitas Untuk Membuat Jantung Sehat

Selain mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman sehat seperti yang tertulis di atas, tentunya juga perlu didukung dengan aktivitas atau pola hidup baik supaya jantung kita tetap sehat. Karena pada dasarnya, fungsi jantung sendiri adalah memompa atau mengalirkan darah ke seluruh organ tubuh dan mengirimkan sel makanan ke seluruh tubuh.

Oleh sebab itu pentingnya dilakukan aktivitas yang sehat, karena dengan beraktivias yang baik dapat memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh. Nah, berikut ini adalah beberapa tips aktivitas atau pola hidup untuk menjaga kesehatan jantung.

Olahraga Secara Teratur

jurnal kesehatan - jantung sehat- olahraga untuk kesehatan jantung- cara menjaga kesehatan jantung

Olahraga merupakan suatu bentuk aktivitas fisik terencana dengan melibatkan gerakan tubuh yang dilakukan secara berulang untuk meningkatkan kebugaran jasmani.

Dengan berolahraga teratur yang dilakukan dengan baik dan benar, terbukti dapat membuat jantung kita sehat.

Oleh sebab itu, olahraga sangatlah penting selain bagi jantung tapi juga juga dapat menjaga berat badan, sehingga jantung dapat bekerja secara optimal.

Olahraga yang salah satunya bertujuan untuk mendapatkan jantung sehat pun tidak perlu dilakukan dengan olahraga yang berat.

Karena cara tersebut cukup mudah diterapkan dengan gerakan-gerakan yang ringan seperti jalan santai, bersih-bersih rumah, atau pun melakukan olahraga yang santai lainnya sudah dapat membuat peredaran darah lancar dan jantung dapat bekerja secara efisien.

Hilangkan Kebiasaan Merokok

jurnal kesehatan - jantung sehat-menghilangkan kebiasaan merokok- cara menjaga kesehatan jantung

Seperti yang kita ketahui merokok adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan terhadap asap rokok, bukan hanya penyakit jantung yang disebabkan oleh asap rokok, namun merokok juga berakibat buruk bagi pembuluh darah otak dan parifer bahkan dapat berujung kematian.

Oleh sebab itu, menghilangkan kebiasaan merokok adalah salah satu cara untuk menjaga jantung sehat, karena pada dasarnya kebiasaan merokok atau menghirup asap rokok adalah kebiasaan yang dapat memperburuk kesehatan diri sendiri maupun orang lain.

Baca juga  Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Istirahat Yang Cukup

jurnal kesehatan - jantung sehat-istirahat untuk kesehatan jantung- cara menjaga kesehatan jantung

Kurangnya istirahat juga salah polah hidup yang kurang baik bagi kesehatan tubuh, terlebih bagi kesehatan jantung.

Karena dengan istirahat yang kurang sistem pembuluh darah dan kekuatan jantung saat bekerja memompa darah tidak dapat berjalan dengan baik.

Maka dengan memiliki pola hidup istirahat yang cukup jantung dapat bekerja dengan baik, karena itu termasuk cara menjaga kesehatan jantung, sehingga memiliki jantung sehat sudah bukan khayalan lagi.

Kurangi Minuman Beralkohol

jurnal kesehatan - jantung sehat-ciri ciri jantung sehat - cara menjaga kesehatan jantung

Alkohol yang terdapat pada minuman keras terkadang dapat memberikan kenikmatan tersendiri untuk sebagian orang yang mengkonsumsinya.

Namun mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan, karena dapat meningkatkan darah tinggi yang sekaligus menjadi salah satu faktor resiko terpenting terkena serangan jantung atau pun stroke.

Untuk mendapatkan jantung sehat, alangkah baiknya jika kebiasaan minum minuman beralkohol dikurangi, karena itu adalah salah satu cara menjaga kesehatan jantung.

Sebab dengan masuknya cairan beralkohol ke dalam tubuh tersebut dapat membuat otot jantung melemah, sehingga jantung tidak dapat memompa darah secara efisien.

Konsumsi Makanan Buatan Sendiri

jurnal kesehatan - jantung sehat-pola hidup jantung sehat - cara menjaga kesehatan jantung

Memiliki jantung sehat bukan lagi impian bagi setiap orang, jika setiap orang memiliki pola hidup dan menjaga pola makan yang baik.

Mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung yang diolah sendiri merupakan syarat mutlak untuk memulai gaya hidup sehat.

Dan hal tersebut adalah salah satu cara menjaga kesehatan jantung, karena setiap makanan yang anda masak sendiri tentunya akan lebih bersih dan sehat.

Oleh sebab itu mengkonsumsi makanan buatan sendiri sangat dianjurkan oleh dokter atau pakar kesehatan, demi menjaga kesehatan terlebih kesehatan jantung.

Namun terkadang dari sebagian kita, masih banyak yang sering mengkonsumsi makanan-makanan cepat saji yang kebersihan dan kesehatannya masih dipertanyakan.

Berhubungan intim

Untuk para pasangan suami istri, sebuah studi menyarankan untuk melakukan hubungan intim minimal 2-3 kali dalam seminggu untuk menjaga aliran darah tetap lancar.

Hasil studi menyebutkan bahwa pria yang berhubungan seks 2-3 kali dalam seminggu mempunyai kesempatan 65 persen lebih kecil terjangkit penyakit jantung dibanding mereka yang berhubungan intim kurang dari sekali dalam satu bulan.

Selama berhubungan intim, tubuh manusia akan mengeluarkan hormon oksitosin yang berfungsi untuk mengurangi timbulnya stres. Hubungan seks juga bermanfaat untuk membakar kalori dengan cepat.

Baca juga; Beberapa tips kesehatan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *