ide bisnis rumahan - jurnal bisnis - mata jurnal

Mata Jurnal Artikel Bisnis

Ide Bisnis Rumahan – Ide Kreatif – Ide Bisnis Unik

Pilihan untuk menjadi wirausahawan bukan perkara mudah namun menjadi karyawan seumur hidup juga bukan selalu pilihan yang enak.

Setiap pribadi memiliki kapasitasnya masing-masing. Fleksibilitas waktu menjadi sesuatu yang diimpikan karyawan, sedangkan seorang pebisnis pemula merangkak jatuh bangun menuju titik kepastian pendapatan hingga waktu balik modal nya.

Tidak ada yang benar-benar mudah, namun proses tidak akan mengkhianati hasil kerja keras Anda. Bagi Anda yang memiliki kesempatan dan tertarik memiliki bisnis sendiri tak ada salahnya mencoba menuangkan segala ide kreatif Anda ke arah ide bisnis yang dikerjakan dari rumah.

Ide Bisnis Rumahan

Biaya sewa tempat entah itu kantor ataupun kios merupakan cost terbesar. Maka, memulai bisnis kecil tanpa harus terbebani biaya sewa tempat adalah sebuah keuntungan di awal.

Cobalah untuk melihat peluang tempat usaha di rumah anda sendiri, jika perlu urus perizinan dengan pihak RT / RW di lingkungan anda. Berikut ini beberapa ide bisnis rumahan yang cukup menjanjikan apabila dikelola secara profesional.

1. Usaha Warung Makan – Cafe – Restoran

ide bisnis rumahan warung makanan

Ide bisnis rumahan – Jika anda memiliki keterampilan memasak , ide bisnis rumahan di bidang kuliner bisa jadi pilihan Anda. Kendatipun tidak memiliki keterampilan memasak, setidaknya kita juga bisa menggunakan jasa tukang masak.

Asalkan insting ide bisnis unik dalam diri anda kuat, maka bisnis kuliner usaha makanan bisa sangat berkembang.

Modal yang diperlukan secara umum berupa peralatan memasak , perlengkapan display makanan, perlengkapan meja kursi dan ruangan untuk pelanggan yang ingin makan.

Usahakan kuliner anda berasal dari sumber bahan baku yang tidak sulit diperoleh, karena akan menghabiskan biaya perjalanan.

Investasikan juga freezer yang lebih besar untuk penyimpanan bahan baku jika dirasa bisnis kuliner anda mulai berkembang.

2. Catering Rumahan

catering - ide bisnis rumahan - mata jurnal

Ide bisnis rumahan – Jika memungkinkan, Anda juga bisa submit penawaran usaha catering anda ke perusahaan-perusahaan. Namun tentu saja akan membutuhkan persiapan yang lebih banyak.

Tetap fokus untuk menginvestasikan hal-hal yang menurut Anda dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas bisnis Anda.

Baca juga  Sekilas Informasi Tentang Bunga KKB BCA

3. Online Food Delivery

food delivery - ide bisnis rumahan - jurnal bisnis - mata jurnal

Ide bisnis rumahan – Untuk ide bisnis rumahan di bidang kuliner ini anda juga dapat memperluas pemasaran dengan memanfaatkan jasa antar jemput makanan secara online.

Mengingat tidak semua rumah memiliki posisi yang mudah dijangkau calon konsumen maka bergabung menjadi vendor sebuah aplikasi online seperti GoFood merupakan langkah yang cukup bijak.

4. Menjadi Buzzer – Menjadi Influencer

ide bisnis rumahan buzzer - ide kreatif
Source: Sprout Social

Ide bisnis rumahan – Bisnis buzzer adalah salah satu ide bisnis rumahan yang ramai dijalani anak muda. Eksis di dunia maya bisa menjadi peluang bisnis kreatif bagi Anda. Untuk terjun di bisnis buzzer ini, Anda harus memiliki pengaruh atau influence terhadap pengambilan keputusan follower Anda.

Selain itu juga Anda wajib menghasilkan ide kreatif. Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa buzzer untuk memperkenalkan produk-produk mereka ataupun mensosialisasikan event – event yang mereka selenggarakan.

Terlebih lagi dalam suasana kampanye politik, bisnis Social Media Buzzer memiliki peranan yang signifikan untuk mempengaruhi opini publik.

Yang paling rentan adalah perkara etika dan penyebaran informasi hoax. Di sini, dampak- dampak penyebaran informasi tersebut merupakan tanggung jawab Anda.

5. Menjadi Blogger

Ide bisnis rumahan – Ide bisnis rumahan seperti blogger terbukti anti badai. Bisnis melalui blog membutuhkan keterampilan dalam melakukan riset keyword , ide kreatif, keterampilan menulis. serta ketekunan.

Jika Anda penasaran menjadi blogger dan mendalami aktivitas blog lebih dalam, Anda dapat memulainya dengan mencoba menulis di blogging platform yang ada. Contoh blogging platform seperti wordpress, blogspot, tumblr, jimdo dll.

Setelah itu Anda dapat mempelajari teknik SEO untuk meningkatkan peringkat artikel Anda pada halaman Google. Tutorial di google cukup banyak, hanya saja Anda harus menggunakan teknik-teknik sesuai pedoman dari Google.

Sisi teknis perlahan-lahan bisa Anda coba pelajari sambil terus mengupdate blog Anda dengan artikel yang Anda tulis. Setelah blog Anda ramai dikunjungi, Anda dapat mencoba mendaftarkan blog Anda ke google adsense untuk memulai penghasilan dari blog Anda.

Di sini blog Anda akan dipasangi iklan. Selain dari adsense, Anda juga dapat memanfaatkan afiliasi pemasaran dari program milik ecommerce besar di tanah air. Tulisan di dalam blog ditujukan untuk menjaring pengunjung agar sampai pada landing page. Biasanya terdapat produk yang dijual dalam landing page.

Selain menjual produk, mengelola blog juga menjadi salah satu ide bisnis rumahan yang dapat mendatangkan penghasilan melalui iklan dari google adsense, ataupun affiliate marketing bagi ecommerce besar yang memang memiliki program tersebut.

Baca juga  Mencoba Peluang Bisnis Online Gratis Tanpa Modal

Mekanisme affiliate marketing serupa dengan landing page, hanya saja pengunjung diarahkan ke halaman product e-commerce. Lalu jika terdapat visitor yang melakukan pembelian, anda akan memperoleh persentase dari e-commerce tersebut.

6. Menjadi Youtuber – Menjadi Vlogger

Ide bisnis rumahan – Untuk vlogger, bisnis rumahan ini sepertinya merupakan kelanjutan dari bisnis blogger. Dimana untuk video sendiri khususnya platform youtube merupakan media yang masih terbilang baru.

Anda dapat berafiliasi dengan Youtube untuk menjadi partner. Bisa juga dengan endorsing brand-brand dengan cara menggunakan produk mereka dalam video-video Anda dan sesekali membahasnya secara natural.

7. Distributor Produk Minuman – Agen Minuman

ide bisnis rumahan agen minuman

Ide bisnis rumahan – Produsen untuk produk minuman sangat banyak, umumnya para produsen akan mencari distributor untuk melakukan sistem titip. Dengan menjadi distributor produk minuman, Anda tak perlu modal yang besar untuk menjalankannya.

Umumnya mereka juga akan meminjamkan cooler atau lemari pendingin. Hal tersebut selain bertujuan untuk menjaga kualitas produknya, juga digunakan sebagai media pemasaran brand mereka.

Jika rumah Anda dapat menjadi lapak strategis bagi mereka untuk menitipkan produknya, maka ide bisnis rumahan ini layak Anda kelola. Anda bisa menyediakan berbagai minuman mulai kemasan kecil hingga kemasan galon.

Selain produk minuman mineral, Anda bisa menjadi distributor minuman berenergi, soft drink dan lain sebagainya. Terlebih jika Anda juga mempunyai warung makan di rumah Anda, lengkapi produk minuman Anda dengan menjadi mitra salah satu produsen minuman.

8. Distributor Makanan Ringan – Agen Cemilan – Agen Makanan Ringan

ide bisnis rumahan - agen cemilan makanan ringan

Ide bisnis rumahan – Pernahkah Anda melihat produk seperti Maicih? Nah makanan ringan tersebut awalnya berkembang berkat bisnis distributor. Sang Presiden Maicih memiliki banyak menteri dan jendral Maicih untuk menyebarluaskan produknya hingga ke masyarakat.

Baca juga  Bisnis Wanita Muslimah Paling Menjanjikan Di Rumah

Dengan menjadi mitra produk makanan ringan, Anda dapat berfokus pada distribusinya saja tanpa perlu memikirkan produksinya. Ide bisnis rumahan untuk bisnis distributor ini terbilang minim modal.

Lakukan riset sederhana untuk mengetahui selera masyarakat di tempat tinggal Anda. Selanjutnya Anda dapat memutuskan untuk menjadi reseller atau dropshipper dari produk cemilan atau makanan ringan yang Anda pilih.

Perhatikan soal harga, margin keuntungan yang diperoleh dan metode keagenan yang ditawarkan, dengarkan juga testimoni dari mereka yang sudah dahulu terjun di bisnis distributor ini.

9. Agen Air Minum Isi Ulang

ide bisnis rumahan - agen air minum isi ulang

Ide bisnis rumahan – Ide bisnis rumahan yang berikutnya adalah menjadi distributor atau agen air minum isi ulang. Air merupakan kebutuhan utama setiap makhluk hidup. Semakin ramai suatu tempat, maka kebutuhan akan air minum akan semakin meningkat.

Syarat air minum yang layak dikonsumsi oleh masyarakat adalah air bersih yang telah sesuai dengan persyaratan Kementerian Kesehatan. Dan air bersih yang diupayakan BPPSPAM yang bekerjasama dengan PDAM sudah layak konsumsi, karena sudah memenuhi syarat-syarat tersebut.

Meskipun sudah layak konsumsi, permintaan akan air minum isi ulang terus meningkat. Carilah partner distributor yang terpercaya. Pelajari hal -hal teknis seperti reverse osmosis system dan sebagainya.

Usahakan untuk memperoleh perizinan yang berkaitan dengan kesehatan yang diwajibkan pemerintah. Lalu pasarkan bisnis air minum isi ulang Anda ke mereka yang ada di sekitar rumah Anda.

Ide Bisnis Kreatif Lainnya

Sejumlah ide bisnis rumahan lainnya yang dapat anda coba juga contohnya adalah :

  • Ide Bisnis Rumahan sebagai Content Writer
  • Ide Bisnis Freelance Designer
  • Ide Bisnis Freelance Web Developer
  • Ide Bisnis Freelance Videomaker / Motion Graphic
  • Ide Bisnis Freelance Data Entry
  • Ide Bisnis Agen Jasa Pengiriman Barang
  • Ide Bisnis Agen Travel dan Pemesanan Tiket
  • Ide Bisnis Bimbingan Belajar

Semoga artikel bisnis ini menginspirasi Anda, dan jangan lupa baca Bisnis Model Kanvas dan juga Artikel Bisnis lainnya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *