manfaat buah apel - jurnal kesehatan - manfaat buah-buahan

Manfaat buah apel bagi kesehatan – Buah apel merupakan salah satu jenis buah yang paling banyak digemari oleh banyak orang disetiap belahan dunia, termasuk di indonesia sendiri. Buah ini identik dengan rasanya yang manis dan memiliki banyak kandungan air didalamnya, sangat memberikan kesegaran saat menikmatinya.

Tak heran jika kebanyakan orang menyukai buah ini, selain rasanya yang nikmat buah apel juga memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang bekerja sama untuk memberikan kontribusi terbaik terhadap kesehatan tubuh manusia. Ada pun beberapa kandungan yang dihasilkan buah apel diantaranya seperti polifenol, flavonoid, vitamin A, vitamin B komplek (tiamin, ribflavin dan pridoksin) serta vitamin C.

Semakin jelas bukan buakan, manfaat buah apel dengan melihat beberapa kandungan yang ada didalamnya. Berikut ini adalah manfaat yang didapat dari buah apel yang kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari bagi kesehatan tubuh kita.

manfaat buah apel

Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan atau biasa dikenal dengan quercetin dan flavonoid yang terdapat pada buah apel, sangat memberikan manfaat bagi tubuh dalam meningkatkan sistem imun dalam tubuh, sehingga tubuh akan terhindar dari virus penyebab penyakit.

Mencegah Kanker

Para ahli kesehatan mengatakan, buah apel memiliki zat yang bersifat anti kanker yang tentunya sangat baik untuk melindungi tubuh dari sel-sel kanker. Mengkonsumsi buah apel mentah atau secara langsung termasuk kulitnya, karena pada kuli apel mengandung senyawa triterpenoid yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker serta menurunkan resiko terhadap penyakit kanker pankreas hingga 23%.

Mengendalikan Gula Darah

manfaat bauah apel

Buah apel yang kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas oksigen yang dapat menyebabkan diabetes. Hal tesebut disebabkan terdapatnya kandungan serat dan pektin yang tinggi pada buah apel, yang memiliki peran penting sebagai pengendali kadar gula darah dalam tubuh.

Baca juga  Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh

Mengobati Asma

Manfaat buah apel bagi tubuh dipercaya dapat mengobati penderita asma, karena didalam buah apel terkandung polifenol dan fitokimia yang mampu membantu memulihkan asma.

Menurunkan Kolesterol

Apel adalah salah satu buah yang kaya akan serat larut yang berfungsi sebagai pesaing lemak dalam usus. Dengan terjadinya persaingan tersebut dapat mengakibatkan penurunan kadar kolesterol jahat dan menaikkan kadar kolesterol baik yang diperlukan tubuh.

Memutihkan Gigi

manfaat buah apel

Mengkonsumsi apel secara rutin dengan cara menggigit daging apel secara langsung sama halnya dengan menggosok gigi, bahkan apel yang kita konsumsi mampu meningkatkan sekresi air liur dalam mulut sehingga mencegah kerusakan pada gigi dan membuat gigi semakin putih.

Baik untuk Kesehatan Mata

Adanya kandungan vitamin A pada buah apel sangat bermanfaat baik untuk kesehatan mata kita. Dengan mengkonsumsi buah apel setiap hari dapat mencegah datangnya gangguan kesehatan mata seperti katarak atau gangguan lainnya.

Demikian beberapa manfaat dari buah apel bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda tentang kesehatan. Ketahui juga buah-buahan lainnya yang baik untuk menjaga kesehatan pada Artikel Kesehatan yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *