Kesehatan

Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat bengkoang - jurnal kesehatan - manfaat buah-buahan

Manfaat Bengkoang Bagi kesehatan – Bengkoang merupakan salah satu buah yang masih tergolong dalam jenis umbi-umbian, tumbuhan ini berasal dari amerika tropis yang masuk kedalam suku polong-polongan atau fabaceae. Buah ini di Indonesia sering kita jumpai di pasar-pasar tradisional atau pun supermarket, atau biasanya bengkoang dikonsumsi sebagai komponen rujak dan asinan, bahkan tidak sedikit orang yang menjadikan buah ini sebagai maskeran.

Bengkoang atau bengkuang termasuk buah yang menyegarkan dan mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan berbagai penelitian yang sukses menemukan kandungan nutrisi pada buah bengkoang yakni kadar air yang tinggi, serta kandungan nutrisi lainnya seperti; protein, karbohidrat, energi, lemak, fosfor, kalsium, vitamin B1, vitamin C, zat besi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berikut ini adalah berbagai manfaat bengkoang untuk kesehatan tubuh serta menghindari berbagai penyakit yang ada di dalam tubuh.

manfaat bengkoang

 

Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan

Dapat Memperlancar Sistem Pencernaan

Dari berbagai buah-buahan yang banyak mengandung serat, bengkoang adalah termasuk salah satunya dengan buah yang tinggi akan kandungan seratnya. Hal tersebutlah yang menyebabkan buah bengkoang sangat baik untuk memperlancar dan menyehatkan sistem pencernaan pada tubuh manusia.

Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat bengkoang bagi kesehatan juga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah, karena zat kimia yang terdapat pada buah bengkoang dipercaya mampu mengatasi hal tersebut.

Baik Untuk Penderita Diabetes Mellitus

Mengkonsumsi buah bengkuang secara teratur adalah cara yang cukup efektif untuk penderita diabetes mellitus. Sebab, inulin dalam buah bengkoang yang membuat buah ini terasa manis tidak dapat dicerna oleh enzin, sehingga dapat menjaga kadar gula dalam tubuh supaya tetatp normal walaupun rasanya manis.

manfaat bengkoang

Sebagai Sumber Fitoestrogen Alami

Terdapatnya kandungan estrogen pada buah bengkoang, membuat buah ini sangat baik dikonsumsi oleh wanita sudah memasuki masa menepause. Dengan begitu keluhan wanita yang umumnya pada masa manopause dapat terhindari, hingga tubuh menjadi lebih bugar dan sehat.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat bengkoang selanjutnya yaitu dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Pada buah bengkoang tersimpan beberapa fitonutrien yang dapat berfungsi menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh akan terhindar dari serang berbagai visur dan penyakit.

Mengobati Sariawan dan Sebagai Antioksidan

Sariawan terjadi karena kurangnya vitamin C, alergi, serta daya tahan tubuh yang kurang stabil. Adanya kandungan vitamin C dalam buah bengkoang sangat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu mempercepat penyembuhan sariawan.

Itulah ulasan tentang manfaan bengkoang bagi kesehatan tubuh yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan dapat membantu teman-teman dalam menjaga kesehatan. Baca juga manfaat buah-buahan lainnya di Artikel Kesehatan.

About the author

Lukas Podolski

Leave a Comment