manfaat kelengkeng - jurnal kesehatan - manfaat buah-buahan

Manfaat Buah Kelengkeng – Kelengkeng atau lengkeng merupakan salah satu jenis buah musiman yang berasal dari daratan asia tenggara. Buah yang memiliki banyak nama lain seperti mata kucing atau badano ini, terkenal dengan rasanya yang manis dan cukup banyak mengandung air.

Dibalik dari rasanya yang manis, buah kelengkeng juga terkenal dengan kaya akan kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut diungkapkan oleh para ahli gizi bahwa dalam buah kelengkeng terdapat kandungan nutrisi berupa senyawa kimia, kalium, kalsium, asam tartik, vitamin A, vitamin B1, B2, B3, vitamin C, potassium, fosfor, zat besi, magnesium, mangan, zinc serta masih banyak lagi yang lain.

Begitu banyaknya jumlah kandungan nutrisi yang terdapat pada buah kelengkeng, maka langsung saja kita simak penjelasannya tentang beberapa manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan tubuh.

manfaat buah kelengkeng

Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan tubuh

Sebagai Sumber Energi

Buah kelengkeng sangat bermanfaat sebagai sumber energi yang diperlukan tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan buah kelengkeng yang kita konsumsi berperan sebagai tonik alami, sehingga tubuh akan merasa fit dan tidak mudah capek dalam menjalani aktivitas yang berat sekalipun.

Membantu Kinerja Jantung

Menurut hasil riset yang para yang dilakukan pada buah kelengkeng, ternyata ditemukan beberapa nutrisi yang berfungsi sebagai penenang syaraf, mengurangi kadar kolesterol serta melancarkan sirkulasi darah. Oleh karena itu, kinerja jantung pun dapat berjalan secara optimal.

Menstabilkan Suhu Tubuh

Terdapatnya kandungan vitamin C pada buah kelengkeng, sangat berfungsi menjaga suhu dalam tubuh agar tetap stabil baik pada saat musim dingin maupun panas. Selain itu, buah kelengkeng juga berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga tubuh dari infeksi bakteri, kuman serta virus.

Baca juga  Manfaat Buah Gandaria Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Mencegah Anemia (kurang darah)

Seperti yang kita ketahui, Anemia adalah penyakit yang disebabkan kurangnya sel darah merah. Maka untuk mencegah atau mengatasi penyakit tersebut dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi buah kelengkeng secara teratur.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan selanjutnya yakni dapat memperlancar sistem pencernaan. karena kadar air dan serat yang terkandung dalam buah kelengkeng, sangat membantu masalah seperti susah BAB, sembelit, wasir dan gangguan pencernaan yang lainnya.

Menambah Nafsu Makan

Sebagai buah yang kaya akan nutrisi, buah kelengkeng mempunyai manfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Sehingga buah ini sangat baik dikonsumsi untuk mendapatkan berat badan yang ideal bagi orang kurus.

Segala keuntungan akan didapatkan apabila mengkonsumsi buah kelengkeng dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Karena mengkonsumsi kelengkeng dalam jumlah yang berlebihan, dapat memberikan efek yang kurang baik bagi kesehatan tubuh seperti radang tenggorokan, batuk, dan suara serak. Dengan demikian, tetaplah konsumsi dalam porsi sewajarnya dan selalu mengkonsultasikan kesehatan anda pada dokter, serta baca juga Artikel Kesehatan yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *