manfaat buah kenitu - jurnal kesehatan - manfaat buah-buahan

Manfaat Buah Kenitu Untuk Kesehatan – Mungkin bagi sebagian orang kurang begitu tau tentang buah kenitu, selain buahnya yang jarang di jumpai di pasaran, buah ini juga memiliki banyak sebutan seperti sawo ijo, sawo manila, sawo duren dan lain-lain. Buah ini masuk dalam golongan sawo-sawoan jenis pohonnya menyerupai pohon sawo, namun bentuk buahnya mirip dengan buah apel.

Buah yang tergolong dalam buah musiman ini, memiliki nama ilmiah Chrysophyllum cainito dan di beberapa negara buah ini banyak dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Tentunya hal tersebut bukan sekedar obat biasa, karena di dalam buah kenitu terkandung gizi yang sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh.

Beberapa gizi yang terkandung di dalam buah tersebut seperti kandungan antioksidan, flavonoid, polifenol, vitamin C, vitamin E, asam fenol dan beta karoten. Nah, lalu apa saja khasiat dan manfaat buah kenitu bagi kesehatan? berikut informasinya.

manfaat buah kenitu

Manfaat Buah Kenitu Untuk Kesehatan

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sebagai buah yang kaya akan kandungan antioksidan, Buah kenitu sangat dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Selain itu, buah kenitu juga dapat menjaga kecantikan terhadap kulit dan bermanfaat untuk membantu menangkal radikal bebas yang akan dapat menyebabkan sakit dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Mampu Mengatasi Diare

Selain buahnya yang bermanfaat bagi tubuh, namun ternyata biji pada buah kenitu juga mempunyai khasiat yang luar biasa. Bagai mana tidak, biji dari buah kenitu ini dapat digunakan sebagai obat penyembuh penyakit diare. dengan cara memecahkan kulit bijinya, kemudian rebus dengan air secukupnya lalu saring airnya dam minumlah secara teratur.

Dapat Menguatkan Tulang dan Gigi

Manfaat buah kenitu selanjutnya yaitu dapat membuat tulang dan gigi semakin kuat. Hal ini disebabkan adanya kandungan kalsium pada buak tersebut, sehingga dengan mengkonsumsi kunitu tulang dan gigi anda akan semakin kuat dan sehat.

Baca juga  Manfaat Buah Lontar atau Buah Siwalan Untuk Kesehatan

manfaat buah kenitu

Membantu Menurunkan Kadar Gula darah

Disamping buah dan bijinya yang berkhasiat, daun buah kenitu ternyata juga sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar gula darah pada setiap penderita diabetes. Anda cukup dengan merebus beberapa lembar daun buah kenitu, lalu saring airnya dan minumlah secara rutin selama pengobatan.

Sebagai Sumber Serat yang Cukup

Buah kenitu memiliki kandungan serat yang banyak, tentunya ini dapat memenuhi kebutuhan serat untuk tubuh. Maka dengan mengkonsumsi buah kenitu anda akan cepat merasa kenyang serta terhindar dari penyakit maag, karena pada buah tersebut terkandung serat yang cukup untuk tubuh.

Guna Sebagai Anti Inflamasi

Mengkonsumsi buah kenitu yang sudah masak di pohon dalam jumlah yang cukup, dapat bermanfaat sebagai anti inflamasi pada keadaan laryngitis dan pneumeonia, sekaligus juga dapat dijadikan sebagai pengobatan diabetes melitus.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Keuntungan lain mengkonsumsi buah buah kenitu yakni dapat menjaga kesehatan pencernaan dalam tubuh. Karena buah ini tersebut kaya akan kandungan serat dan air yang diyakini dapat melancarkan sistem pencernaan dan melegakan tenggorokan.

Demikianlah ulasan tentang khasiat dan manfaat buah kenitu untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui mendalam, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi buah-buahan yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *