Kesehatan

Manfaat Buah Rukem Yang Perlu Diketahui Mendalam

manfaat buah rukem

Manfaat Buah Rukem Untuk Kesehatan – Buah rukem ialah salah satu jenis buah yang saat ini sudah tergolong langka dan cukup sulit ditemukan. Khasiat buah rukem sedikit dikenal, mungkin ini karena tanaman rukem tidak banyak yang membudidayakan sebagai buah yang dijual seperti buah pada umumnya.

Buah yang asli berasal dari Indonesia ini berbentuk bulat dengan warna kulit merah yang menyerupai buah apel jika sudah masak. Selain itu, buah dengan nama latin Flacourtia rukam ini juga memiliki keunikan tersendiri, dimana sebelum mengkonsumsi buah tersebut haru di pijat-pijat terlebih dahulu supaya lebih enak dan tidak terasa sepat.

Disamping rasanya yang nikmat, buah yang banyak hidup di daerah sumatera seperti kepulauan bangka ini, juga mempunyai khasiat dan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Sebab, didalam buah tersebut terdapat kandungan seperti serat, lemak, vitamin dan lain sebagainya. Apa saja manfaat buah rukem? berikut ulasannya.

manfaat buah rukem, khasiat buah rukem

 

Manfaat Buah Rukem

Khasiat Buah Rukem, Melancarkan Sistem Pencernaan

Beberapa manfaat dari buah rukem yaitu dapat melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Dikarenakan bahwa kandungan yang terdapat pada buah rukem mampu membunuh bakteri yang ada didalam usus, sehingga dengan mengkonsumsi buah tersebut dapat membatu terhindar dari masalah pencernaan seperti diare, disentri atau masalah pencernaan lainnya.

Khasiat Buah Rukem, Memperkuat Imun Tubuh

Di dalam buah rukem terdapat kandungan vitamin C yang cukup tinggi, dimana kandungan tersebut sangat baik untuk menunjang imunitas tubuh supaya lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Khasiat Buah Rukem, Meredakan Rasa Nyeri Saat Menstruasi

Sebagian wanita mempunyai masalah pada saat datang bulan atau menstruasi seperti rasa nyeri. Mengkonsumsi rukem adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut, karena buah ini sangat dipercaya dapat meredakan rasa nyeri pada saat datang bulan atau menstruasi.

manfaat buah rukem, khasiat buah rukem

Khasiat Buah Rukem, Mengatasi Mata Bengkak

Selain buah dari rukem yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, daun rukem juga cukup berkhasiat untuk mengatasi mata bengkak. Caranya, cukup dengan menumbuk dan memeras daun rukem lalu meminum air dari perasan daun tersebut.

Khasiat Buah Rukem, Baik Untuk Diet

Kandungan gizi dan lemak pada buah rukem, membuat buah tersebut sangat baik dikonsumsi untuk menjalankan program diet. Hal ini disebabkan, kandungan lemak yang ada pada buah tersebut tidak terlalu banyak, sehingga dapat membantu melangsingkan badan dengan baik.

Khasiat Buah Rukem, Bisa Dijadikan Sebagai Obat Alternatif

Penting untuk kita ketahui, terlalu sering mengkonsumsi jenis obat sintetis kemungkinan bisa membuat penyakit menjadi semakin parah. Oleh sebab itu, cobalah untuk mencari alternatif obat yang alami. Rukem adalah salah satu buah yang dapat dijadikan obat alternatif alami untuk solusi penyakit seperti diatas.

Demikianlah ulasan tentang khasiat dan manfaat buah rukem untuk kesehatan yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita dalam menjaga kesehatan.

About the author

Lukas Podolski

3 Comments

Leave a Comment