manfaat buah srikaya - jurnal kesehatan

Manfaat Buah Srikaya – Mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran tentunya sangat baik bagi kesehatan. Seperti halnya dengan buah srikaya, dikenal dengan rasanya yang nikmat serta kaya akan vitamin dan antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh.

Buah yang memiliki nama latin Annona Squamosa tersebut, kaya akan vitamin C dan mengandung antioksidan serta nutrisi lainnya yang diperlukan tubuh. Apa saja manfaat buah srikaya? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

manfaat buah srikaya

Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan Tubuh

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol merupakan lemak yang terdapat pada aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk membentuk dinding sel serta sebagai bahan baku beberapa hormon. Kandungan niasin yang terdapat pada buah srikaya dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, serta dapat menghindari beberapa penyakit yang timbul akibat kolesterol.

Mencegah Serangan Jantung

Buah srikaya termasuk sangat kaya akan akan kandungan magnesium yang sangat bermanfaat untuk mencegah dari serangan penyakit jantung. Selain itu, buah tersebut juga banyak mengandung vitamin B6 yang berfungsi untuk mencegah homocystein supaya tidak menumpuk dan berdampak terkena penyakit jantung.

Menjaga Tekanan Darah

Mengkonsumsi Buah srikaya secara teratur merupakan salah satu cara menjaga tekanan darah pada tubuh. Hal ini disebabkan adanya kandungan kalium dan magnesium pada buah srikaya yang dapat membatu mengontrol tekanan darah yang kurang stabil.

Mencegah Penyakit Asma

Buat anda yang memiliki penyakit asma sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah srikaya. Pasalnya buah ini kaya akan vitamin B6 yang dapat membantu mengatasi peradangan bronkial pada saluran pernafasan anda, serta mencegah serangan asma.

 Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat buah srikaya bagi kesehatan tubuh yakni dapat mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan diare. dikarenakan pada buah srikaya mengandung banyak tembaga dan serat makanan yang mampu mengatasi sembelit dan diare.

Baca juga  Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Mencegah Diabetes

Manfaat buah srikaya bagi penderita diabetes tentunya dapat mencegah dan mengontrol kadar gula dalam tubuh. Kadar zat gula alami yang terdapat pada buah srikaya sangat baik dikonsomsi bagi para penderita diabetes.

Baik untuk Kesehatan Gigi dan Tulang

Untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang yaitu diperlukan asupan makanan yang banyak mengandung magnesium. Kandungan tersebut terdapat pada buah srikaya, sehingga buah ini sangat baik dikonsumsi demi menyehatkan gigi dan tulang anda.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat buah srikaya bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda dalam menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi buah-bahan yang baik untuk kesehatan anda. Baca juga; Artikel Kesehatan Lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *