Kesehatan

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan – Buncis termasuk dalam jenis kacang polong-polongan yang berbentuk menyerupai kacang panjang namun ukurannya lebih pendek. Pada umumnya, buncis sengaja dipanen pada saat kondisi masih muda kecuali jika akan digunakan sebagai pembibitan. karena, itu yang akan membuat buncis berkhasiat luar biasa bagi tubuh.

Buncis memiliki nama latin Phaseolus Vulgaris, dan biasa buncis di gunakan sebagai bahan sayuran. Selain itu, didalam sayuran buncis juga terdapat berbagai kandungan zat yang amat dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa kandungan tersebut antara lain; Lemak, protein, fosfor, kalsium, tembaga, mangan, molibdenum, magnesium, karbohidrat, zat besi, protasium, serat kasar, vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B6, B11, vitamin C dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain menawarkan rasa yang nikmat saat di nikmati sebagai kudapan maupun diolah menjadi sayur, buncis juga memberikan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut informasinya.

manfaat buncis

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan

Dapat Melancarkan Sistem Pencernaan

Sebagai salah satu sayuran yang kaya akan kandungan serat, buncis sangat dipercaya mampu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buncis selain pencernaan menjadi lancar, sayuran ini juga dapat membantu terhindar dari hiperglikemia (kadar gula darah lebih tinggi dari keadaan normal).

Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi buncis secara rutin bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan, tingginya kandungan serat pada buncis mampu membersihkan sampah atau kotoran yang ada didalam usus. Sehingga akan terhindar dari penumpukan kolesterol dan kesehatan jantung akan tetap terjaga.

Mampu Meningkatkan Imun Tubuh

Selain manfaat buah bacang yang baik untuk meningkatkan imun tubuh, khasiat buncis juga yakini ampuh dalam hal tersebut. Sebab, didalam sayuran buncis terkandung vitamin A dan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang aktif dalam meningkatkan imun tubuh menjadi lebih baik.

manfaat buncis

Membatu Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat buncis selanjutnya yaitu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, karena sayuran ini mengandung lemak tak jenuh (baik). Maka mengkonsumsi buncis secara teratur dapat menurunkan kolesterol jahat, dan bisa meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh kita.

Menstabilkan Gula Darah

Menjaga kestabilan dara dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan buncis sebagai asupan, karena di dalam buncis terkandung vitamin B3 yang tinggi. Dimana kita ketahui, vitamin B3 tersebut sangat berperan untuk menjaga kestabilan gula darah serta menurunkan kadar kolesterol jahat didalam darah.

Membantu Mengurangi Gejala Migrain

Buat kalian yang mungkin sering mengalami sakit kepala sebelah atau migrain, disarankan untuk mengkonsumsi sayur buncis. Alasanya, buncis memiliki kandungan riboflavin atau vitamin B2 yang cukup tinggi. dimana kandungan tersebut berperan sebagai ko-faktor hemosistein reduktase, yang mampu menjaga kesehatan pembuluh darah yang masuk ke otak dan menghilangkan migrain.

Khasiat dan Manfaat Buncis Lainnya;

  • Baik untuk kesehatan janin
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Dapat mencegah kesemutan
  • Mengurangi resiko terkena kanker

Cukup banyak bukan, khasiat dan manfaat buncis untuk kesehatan. Namun perlu kita ketahui juga, bagi kalian yang mengalami kelainan ginjal sebaiknya tidak terlalu banyak mengkonsumsi buncis. Karena, sayur ini mempunyai kandungan oksalat yang cukup tinggi dan berpotensi bisa membentuk batu ginjal.

About the author

Lukas Podolski

Leave a Comment