Kesehatan

Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan – Daun kenikir atau biasa disebut juga daun ulam raja merupakan salah satu jenis tanaman yang sering digunakan sebagai campuran olahan sayur. Daun kenikir memiliki aroma dan rasa yang khas, sehingga tidak sedikit orang yang menyukai sayur tersebut.

Namun taukah anda selain rasanya yang nikmat sebagai sayuran, ternyata daun kenikir juga banyak dijadikan sebagai obat herbal yang mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Hal tersebut tentunya tak lepas dengan adanya kandungan yang terdapat didalam daun kenikir, seperti halnya mineral, kalsium, flavonoid, saponin, terpenoid, polifenol, tokoferol, dan lain sebagainya.

Begitu banyaknya kandungan yang terdapat pada daun kenikir, maka tak heran jika sayuran tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat daun kenikir, baik yang dikonsumsi sebagai sayuran maupun digunakan sebagai obat herbal.

manfaat daun kenikir

Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan Tubuh

Mampu Mengatasi Kanker

Beberapa manfaat daun kenikir untuk kesehatan salah satunya yaitu mampu mengatasi atau mengobati penyakit kanker. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan saponin dan flavonoid pada daun kenikir, dimana kita ketahui kandungan tersebut berperan sebagai pemutus mata rantai sel kanker yang berbahaya. Maka dengan mengkonsumsi daun kemiri, dapat membantu anda mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Mengobati Lemah Jantung

Lemah jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang terhubung otot jantung atau miokard, dan jenis penyakit ini akan bergantung pada seberapa serius jenis kardiomiopati (sekumpulan kelainan pada otot jantung) yang dialaminya. Salah satu pengobatan penyakit ini dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi daun kenikir secara rutin, karena didalam daun tersebut memiliki kandungan antioksidan dan flavonoid. Yang mana nantinya kandungan tersebut dapat memperkuat otot jantung dan berperan aktif untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Banyaknya kandungan yang terdapat pada daun kenikir mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita, sehingga tanpa kita sadari hal tersebut dapat membangun sistem imun dalam tubuh. Meningkatnya sistem imun sama halnya membantu kita kebal terhadap serangan virus, radikal bebas dan gangguan kesehatan lainnya yang bisa mengakibatkan tubuh menjadi sakit.

manfaat daun kenikir

Sebagai Obat Maag dan Lemah Lambung

Sebagai sayuran yang kaya akan kandungan polifenol, tokoferol dan hidroksiugenol, daun kenikir dipercaya mampu mengobati sakit maag dan menguatkan otot sphingter lambug. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan mengkonsumsi lalapan daun kenikir yang sudah direbus dengan sedikit campuran garam.

Membantu Membersihkan Darah

Darah yang tidak sehat atau darah kotor biasanya sering disebabkan oleh radikal bebas dan pola hidup yang tidak sehat, serta kurangnya asupan nutrisi yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsi daun kenikir yang kaya akan kandungan flavonoid, diyakini dapat membantu membersihkan darah dengan menetralisir racun yang ada di dalamnya.

Menguatkan Tulang

Terdapatnya kandungan kalsium, mineral dan magnesium yang cukup tinggi pada daun kenikir, mampu membantu pertumbuhan tulang dan sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun kenikir atau memakannya dalam bentuk lalapan, membuat tulang kita semakin kuat dan terhindar dari osteoporosis.

Khasiat dan Manfaat Daun Kenikir Lainnya;

  • Mengobati Payudara Bengkak
  • Sebagai Obat Gondok
  • Menambah Nafsu Makan
  • Bisa Menghilangkan Bau Mulut

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan tentang manfaat daun kenikir bagi kesehatan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda dalam menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buah yang baik untuk kesehatan tubuh.

About the author

Lukas Podolski

Leave a Comment