Kesehatan

Manfaat Jambu Dersono untuk Kesehatan

manfaat jambu dersono - jurnal kesehatan - manfaat buah-buahan

Manfaat Jambu Dersono Untuk Kesehatan – Jambu dersono atau biasa disebut juga jambu jamaika merupakan buah yang masih tergolong dalam keluarga jambu yang tekstur dagingnya lebih lembut dan padat dibandingkan dengan jambu air. Dagingnya yang berwarna putih dan memiliki rasa yang manis sedikit asam, membuat buah ini dapat dikonsumsi secara langsung atau pun dijadikan sebagai rujak.

Jambu dersono memiliki nama latin syzygium malaccense dan buah ini banyak di jumpai di daerah sumatera, jawa dan semenanjung malaya. Namun buah ini termasuk buah langka karena jambu dersono hanya berbuah satu kali dalam setahun, sehingga cukup sulit untuk mendapatkannya dan dijual dengan harga yang cukup mahal.

Selain itu, jambu yang identik dengan warna merah dan aromanya yang khas memiliki kandungan vitamin dan mineral seperti protein, karbohidrat, fosfor, lemak, zat besi, kalsium, vitamin A, B1, C dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal tersebutlah yang membuat buah ini memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh, dan berikut ini adalah beberapa manfaat jambu dersono untuk kesehatan.

manfaat jambu dersono

Manfaat Jambu Dersono

Baca Juga Manfaat Okra Bagi Kesehatan dan Manfaat Buah Rukem

Dapat Meningkatkan Kualitas Sperma

Sulitnya terjadi pembuahan dan kehamilan pada beberapa pasangan suami istri, biasanya disebabkan oleh kualitas sperma yang kurang baik. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi kaum pria untuk mengkonsumsi jambu dersono yang kaya akan kandungan antioksidan. Dimana antioksidfan tersebut dapat berfungsi melindungi sel sperma dari serangan radikal bebas, sehingga sel sperma terjaga dengan baik kualitasnya.

Baik untuk Kesehatan gusi dan gigi

Manfaat jambu dersono yang berikutnya adalah merawat kesehatan gusi. Kekurangan asupan vitamin C dan vitamin A dapat mengakibatkan masalah pada gusi dan gigi, seperti gusi bengkak atau berdarah. Untuk mencegat hal tersebut, harus memberikan asupan vitamin C dan A yang cukup yaitu salah satunya dengan cara mengkonsumsi jambu dersono.

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat jambu dersono yang satu ini biasanya paling banyak disukai oleh kaum perempuan, karena dengan mengkonsumsi buah ini dapat membuat kulit semakin sehat dan terlihat cantik. Hal ini disebabkan adanya kandungan vitamin C yang tinggi pada jambu dersono, yang berfungsi menjaga kesehatan kulit.

manfaat jambu dersono

Memperlancar Persalinan

Selain dari sari buah kurma baik untuk ibu hamil, jambu dersono juga termasuk salah satu buah yang penting untuk ibu hamil karena jambu ini dipercaya dapat membatu melancarkan proses persalinan. Sehingga persalinan dapat berjalan dengan lancar serta ibu maupun anaknya lahir dengan keadaan selamat.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik sangat penting, karena untuk melindungi tubuh dari serangan berbagi penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri disekitar kita. Salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yaitu, mengkonsumsi buah dersono yang mengandung vitamin A yang dapat berperan meningkatkan fungsi sel darah putih sebagai antibodi dan antivirus.

Khasiat dan Manfaat Jambu Dersono lainnya;

  • Mampu mengatasi sakit kepal
  • Dapat mengatasi sembelit
  • Mengobati disentri
  • Mengobati diabetes
  • mengobati sariawan
  • Baik untuk kesehatan mata
  • Membantu penyerapan zat besi secara optimal
  • Memelihara kesehatan sel

Itulah informasi tentang khasiat dan manfaat jambu dersono untuk kesehatan yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Baca juga; Manfaat Buah Cherry untuk Kesehatan dan Makanan Sehat untuk Jantung

About the author

Lukas Podolski

Leave a Comment