Kesehatan

Manfaat Jambu Monyet Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat jambu monyet - jurnal kesehatan - manfaat buah-buahan

Manfaat Jambu Monyet Untuk Kesehatan – Jambu monyet atau banyak juga yang mengenal dengan nama jambu mete, oleh karena buahnya yang memiliki biji mete. Sebenarnya buah yang terkenal dari jambu monyet ini bukan buahnya, melainkan bijinya yang sering diambil untuk dibuat sebagai cemilan kacang mete meskipun bukan termasuk kaluarga kacang-kacangan.

Buah jambu monyet ini berwarna merah jika sudah matang, dan rasa buahnya tidak identik manis melainkan lebih cenderung sepat dan sedikit asam. Meskipun demikian, tidak sedikit orang yang menyukai buah ini sebagai makanan kesukaannya.

Tidak hanya bijinya saja yang perlu dikenal, namun juga kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Jambu monyet memiliki kandungan yang cukup banyak protein, kalori, kalsium, lemak, hidrat arang, fosfor, zat besi, air, vitamin A, vitamin C dan masih banyak lagi yang lainnya.

manfaat jambu monyet

Manfaat Jambu Monyet Bagi Kesehatan

Supaya tidak salah dalam memahami khasiat dan manfaat jambu monyet, berikut ini kami berikan ulasan tentang beberapa kegunaan buat tersebut untuk kesehatan.

Penangkal Radikal Bebas

Jambu monyet sangat berkhasiat untuk menangkal efek bahaya dari radikal bebas, dikarenakan buat ini mempunyai kandungan vitamin C dan fungsi antioksidan yang baik untuk dapat dicerna oleh tubuh sebagai pelindung dari radikal bebas.

Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi dapat membuat tubuh mengidap penyakit hipertensi. Manfaat jambu monyet untuk darah adalah mengontrol darah supaya tekanannya tidak terlalu rendah ataupun tinggi. Itulah sebabnya mengapa buah ini sangat tepat untuk mengatasi penyakit darah tinggi seperti hipertensi.

Mencegah Penyakit Anemia

Manfaat jambu monyet yang selanjutnya yaitu dapat mencegah penyakit anemia, yang dimana kita ketahui penyakit ini menyerang dan membuat tubuh mudah lelah karena kekurangan sel darah merah. Akan tetapi, jambu monyet yang memiliki kandungan zat besi yang cukup untuk menambah produksi sel darah merah.

manfaat jambu monyet

Mencegah Penyakit Jantung

Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan cara mengkonsumi buah jambu monyet, karena para ahli kesehatan mengungkapkan cara ini merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mencegah terhadap penyakit jantung.

Menyehatkan Mata

Terdapatnya kandungan vitamin A dalam jambu monyet, cukup untuk memberi asupan menutrisi mata anda. Sehingga mata akan menjadi lebih sehat, dan dapat membatu menghindari penyakit mata seperti katarak, minus, atau pun jenis penyakit mata lainnya.

Khasiat dan manfaat jambu monyet lainnya;

  • Melindungi tubuh dari kanker
  • Sebagai obat radang tenggorokan
  • Sebagai obat asma
  • Sebagai obat rematik
  • Sebagai obat kencing manis
  • Mengatasi sariawan
  • Mengatasi sembelit
  • Penurunan kolesterol

Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan anda ketika dimasa depan sebab kesehatan di jaman sangat mahal harganya. Itulah rincian tentang manfaat jambu monyet bagi kesehatan semoga bermanfaat serta menambah wawasan anda dalam menjaga kesehatan dengan mengetahui manfaat buah-buahan.

About the author

Lukas Podolski

Leave a Comment