manfaat kol - jurnal kesehatan - manfaat buah-buahan

Manfaat kol sebagai salah satu sayuran yang cukup populer dan sangat mudah ditemui dimana-mana, memang sudah tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Kol atau biasa di sebut kubis merupakan sayuran yang memanfaatkan daunnya yang membentuk bulat.

Kol biasanya di konsumsi dengan cara di sayur atau pun di makan dalam keadaan mentah sebagai lalapan, rasanya yang enak membuat sayuran ini digemari oleh banyak orang. Berbagai manfaat kol tentunya tak lepas dari adanya kandungan nutrisi di dalamnya, seperti halnya vitamin A, vitamin B komplek, kalium, zat besi, repoflavin dan asam folat.

Terdapatnya kandungan gizi tersebut, merupakan zat pembangun yang dapat membantu proses metabolisme tetap berjalan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa manfaat kol bagi kesehatan tubuh yang perlu kita ketahui lebih dalam.

manfaat kol

Manfaat Kol Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Baik Untuk Sistem Pencernaan

Sama seperti halnya dengan manfaat buah atau sayur-sayuran lainnya, kol atau kubis sangat baik untuk sistem pencernaan dalam tubuh. Karena, didalam sayur kol terdapat kandungan serat yang tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, mengkonsumsi kol dapat membantu anda mengatasi masalah pencernaan seperti susah BAB atau pun masalah pencernaan lainnya.

Membantu Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Senyawa kalium yang terkandung di dalam kol sangat baik untuk mengurangi gejala hipertensi atau tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, bagi penderita tekanan darah tinggi sangat disarankan untuk mengkonsumsi kol/buncis secara teratur.

Menjaga Kesehatan Tulang

Sebagai sayur yang kaya akan kandungan mineral seperti kalium, kalsium, dan magnesium, membuat kol menjadi salah satu sayuran yang amat baik untuk dikonsumsi. sehingga dengan mengkonsumsi kol secara teratur dapat menjaga kesehatan tulang.

Baca juga  Kenali Vertigo Untuk Menemukan Obat Vertigo yang Manjur

manfaat kol

Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat kol selanjutnya yaitu dapat mencegah penyakit kanker. Hal ini disebabkan adanya kandungan zat yang mampu memerangi sel kanker dalam tubuh, bahkan di negara Cina sudah dilakukan penelitian kalau sayur kol tersebut dapat menurunkan resiko terjadinya gejala kanker payudara.

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Seperti yang kita ketahui, penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang berbahaya di dunia. Salah satu cara menjaga jantung kita supaya tetap sehat yaitu dengan cara mengkonsumsi kol. Sebab, di dalam sayur kol terdapat kandungan kalium yang sangat berperan untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga peredaran darah supaya tetap lancar, sehingga terhindar dari penyumbatan pembuluh darah ke jantung.

Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Adanya kandungan antioksidan serta sulfur dalam sayur kol, dapat berfungsi untuk mengeluarkan zat sisa racun yang telah mengganggu kesehatan tubuh. selain itu, kandungan vitamin C pada kol/kubis juga sangat berperan untuk mengganti sel tubuh yang rusak.

manfaat kol

Menjaga Kesehatan Mata

Selain manfaat wortel, sayur kol juga mengandung vitamin A dan kaya akan kandungan beta karotek. Dimana beta karotek tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan membatu mencegah degenerasi makula.

Manfaat Kol Lainnya;

  • Baik untuk kesehatan janin
  • Mengatasi sakit kepala
  • Baik untuk kesehatan otak
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Mencegah penuaan dini

Cukup banyak bukan manfaat kol bagi kesehatan. Namun perlu kita ketahui juga sebaiknya mengkonsumsi kol jangan terlalu berlebihan, karena dapat menyebabkan perut kembung dan gondok. Anda juga bisa konsultasi pada dokter tentang kesehatan atau dengan panduan artikel kesehatan dari sumber yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *