manfaat labu siam - jurnal kesehatan - manfaat buah-buahan

Manfaat labu Siam Untuk Kesehatan – Labu siam merupakan sayur-sayuran yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buah dari tanaman menjalar ini dikenal dengan banyak sebutan seperti jipang, manisa, waluh atau pun labu siam.

Memiliki bentuk yang seperti buah pir dan berwarna hijau, labu siam merupakan salah satu sayuran hijau yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan setelah dilakukan penelitian, ternyata sayuran ini juga banyak mengandung vitamin, serat, kalori dan mineral. Maka tak heran jika labu siam memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh.

manfaat labu siam

Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Dapat Menurunkan Kolesterol

Dibalik rasanya yang renyah dan nikmat, buah labu siam ini dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol. Hal ini disebabkan adanya kandungan lemak jenuh dan kalori pada labu siam, dimana kandungan tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengendalikan tingkat kolesterol yang tinggi.

Dapat Mencegah Penyakit Kanker

Sebagai buah yang mengandung antioksidan yaitu apigenin dan luteolin, labu siam sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Karena jenis antioksidan tersebut mampu untuk melawan kanker dan membersihkan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dalam tubuh.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Labu siam termasuk sayur yang cukup istimewa, karena sayuran ini mengandung kalori yang sangat rendah dan serat yang sangat tinggi. Sehingga membuat labu siam ini menjadi makanan yang sangat disarankan untuk mereka yang sedang dalam tahap menurunkan berat badan atau diet.

manfaat labu siam

Bisa Mengobati Batu Ginjal

Pada manfaat yang satu ini, lebih tepatnya yaitu daun labu siam yang dapat digunakan dalam proses pengobatan batu ginjal. Karena telah diungkapkan dalam hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas North Florida, bahwa daun labu siam sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang dapat mengakibatkan batu ginjal.

Baca juga  Manfaat Nanas Untuk Kesehatan Tubuh Manusia!

Mengatasi Sembelit

Menambahkan labu siam dalam menu makanan, berarti sama saja memenuhi asupan serat yang diperlukan oleh tubuh kita. Dimana serat tersebut akan membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh, serta mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit atau pun gangguan pencernaan lainnya.

Mengurangi Resiko Penyakit Stroke

Didalam labu siam terdapat kandungan folat yang sangat bermanfaat untuk membantu menstabilkan hemocysteine dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, hemocysteine yang berlebihan dalam darah dapat mengakibatkan terkena penyakit stroke hingga penyakit jantung.

Manfaat Labu Siam Lainnya;

  • Mencegah anemia
  • Sebagai sumber mineral
  • Mengatasi kembung
  • Mencegah penyakit jantung
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Mencegah penuaan dini

Demikianlah ulasan tentang manfaat labu siam yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Menjaga kesehatan sejak dini sangat penting dengan panduan artikel kesehatan dari sumber yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *