manfaat takokak

Manfaat takokak atau terung pipit mungkin saat ini belum diketahui oleh banyak orang. Manfaat buah takokak untuk mata merupakan salah satu khasiat yang mulai dikenal. Pada dasarnya, buah tekokak merupakan tumbuhan semak kecil yang masih termasuk ke dalam suku terong-terongan dan rasa dari buah takokak ini cukup pahit.

Tanaman dari takokak ini berukuran kecil dan tidak terlalu tinggi, namun pohonnya banyak dipenuhi dengan duri dan rambut. Di dalam kehidupan sehari-hari, tekokak biasanya banyak digunakan sebagai sayuran atau lalapan. Meskipun rasanya pahit, namun didalam takokak terkandung zat-zat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Beberapa kandungan zat tersebut seperti vitamin A, torvogenin, klorogenin, solasonin, dan sisalogenone. Sedangkan pada daunnya juga terdapat kandungan panikolugenin dan neoklorogenin.

manfaat takokak , manfaat buah takokak, manfaat buah tekokak

Manfaat Buah Takokak Untuk Kesehatan

Dengan adanya kandungan zat-zat penting dalam buah takokak, berikut ini kami akan memberikan sedikit ulasan tentang khasiat dan manfaat takokak bagi kesehatan tubuh. berikut informasinya.

Manfaat Buah Takokak untuk Mata Minus

Salah satu manfaat takokak yang paling terkenal yaitu mampu menyembuhkan mata minus. Manfaat buah takokak untuk mata dapat diperoleh dengan cara yang cukup mudah, yakni dengan mengkonsumsi 7-10 buah tekokak setiap hari selama dalam pengobatan sampai anda merasakan benar-benar sembuh.

Mencegah Tulang Keropos

Tulang keropos atau osteoporosis terjadi karena menurunnya kualitas kepadatan pada tulang. Untuk mencegahnya, anda dapat membuat ramuan tradisional dari buah takokak dan kacang kedelai, kurang lebih masing-masing 100 gram. Kemudian anda dapat memasak kedua bahan tersebut sesuai selera, seperti sup atau olahan lainnya.

Mengatasi Batuk Kritis

Selain ampuh untuk mengobati mata minus, manfaat buah takokak lainnya adalah untuk mengatasi batuk kritis. Untuk mengobati penyakit ini, anda dapat menggunakan akar takokak.

Baca juga  Manfaat Buah Blewah Untuk Kesehatan

Caranya, jemur akar takoakak sebanyak 12 gram lalu rebus dengan air 750 ml hingga menyusut setengahnya, kemudian minum segelas airnya pada saat pagi dam malam sebelum tidur.

manfaat takokak, manfaat buah takokak, manfaat buah tekokak

Mengobati Penyakit Lambung

Jenis penyakit lambung seperti radang lambung, dapat di atasi dengan akar takokak yang sudah dikeringkan sebanyak 10 gram. Rebus dengan air sebanyak 4 gelas kecil, biarkan sampai menyusut hingga 2 gelas, kemudian minum pagi dan malam hari.

Membatu Mengatasi Asam Urat

Penyakit asam urat yang tinggi, dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah tekokak yang tumis dengan campuran rebon (udang kecil) secara teratur selama pengobatan.

Mengobati Ambeien

Manfaat buah tekokak selanjutnya yang dapat anda peroleh dengan mengkonsumsi buahnya yaitu dapat membatu mengatasi penyakit ambeien.

Manfaat Takokak Lainnya;

  • Menyembuhkan mastitis (peradangan dan bengkak)
  • Mengobati bisul dan koreng
  • Melancarkan peredaran darah dalam tubuh
  • Membantu mengatasi penyakit liver

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai khasiat dan manfaat takokak yang mungkin belum banyak kita ketahui. Mulai sekarang tidak ada salahnya jika anda menambahkan takokak pada menu makanan anda, terutama buat kalian yang mengalami penyakit seperti diatas.

Baca juga; Manfaat paprika untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *