Wisata

Mengunjungi Obyek Wisata Di Balikpapan Yang Mempesona

obyek wisata di balikpapan

Obyek Wisata Di Balikpapan – Siapa yang tidak tahu Balikpapan? Sebuah kota yang sangat terkenal dengan sebutan kota minyak. Balikpapan merupakan ibu kota dari provinsi Kalimantan Timur, yang menjadi salah satu sumber minyak di Indonesia dengan perkembangan yang sangat pesat. Kota Balikpapan terletak tepat di pesisir tenggara Kalimantan Timur, dengan jumlah penduduk sekitar 701.066 jiwa.

Meskipun dijuluki sebagai kota minyak, bukan berarti Balikpapan tidak memiliki keindahan alam yang layak untuk di eksplorasi. Sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia yang mungkin disebabkan karena penghasil minyak, Balikpapan mempunyai berbagai tempat wisata yang bisa dijadikan destinasi liburan anda. Nah, apa saja wisatanya? Simak informasinya berikut ini.

Obyek Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi

Pantai Kemala (Pantai Polda)

obyek wisata di balikpapan

Berbagai obyek wisata di Balikpapan yang paling terkenal salah satunya yaitu pantai kemala, yang berlokasi di daerah pusat kota Balikpapan tepatnya di Jl. Jendral Sudirman dan terkenal dengan sebutan pantai polda. Dengan biaya tiket masuk sebesar Rp. 25.000/orang, wisata ini sering di padati pengunjung dari berbagai wilayah. Baik untuk bersantap di restoran sambil menikmati keindahan pantainya yang mempesona, atau pun melakukan kegiatan pantai seperti berenang, bermain banana boat, bermain jet ski, atau kegiatan lainnya.

Hutan Bakau Margomulyo

obyek wisata di balikpapan

Obyek wisata di Balikpapan selanjutnya yang cukup terkenal dan banyak dikunjungi para wisatawan adalah Hutan Bakau Margomulyo. Hutan yang terletak di dekat pusat perkotaan ini, didalamnya terdapat jembatan kayu yang panjangnya sekitar 800  meter guna untuk sarana penunjang hutan tersebut. Selain itu, di dalam  hutan bakau margomulyo terdapat juga menara intai yang berfungsi untuk melihat aneka burung dan keindahan yang ada di hutan itu.

Penangkaran Buaya Teritip

obyek wisata di balikpapan

Sesuai dengan namanya, tempat wisata penangkaran buaya teritip ini memiliki sekitar 1.450 ekor buaya, mulai dari jenis buaya muara sampai jenis buaya yang terancam punah yaitu buaya supit dan buaya air tawar. Kegiatan yang paling menarik di penagkaran buaya yang sudah beroperasi sejak tahun 1991 dengan luas lahan 5 hektar ini adalah memberi makan kepada buaya yang ada di penangkaran.

Monpera

obyek wisata di balikpapan

Menpora adalah sebuah monumen yang menjadi bukti perjuangan rakyat Balikpapan untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Monumen yang berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman, tepat di depan markas Makodam VI Tanjung Pura, memiliki latar belakang pemandangan pantai pasir putih yang indah dan taman taman yang tertata rapi.

Caribbean Island Waterpark

obyek wisata di balikpapan

Obyek wisata di Balikpapan dengan nama Caribbean Island Waterpark ini sangat cocok dijadikan wisata favorit keluarga, karena tempat ini menawarkan banyak sekali permainan air yang sangat seru. Untuk dapat menikmati wisata yang berlokasi di jl. Kol. Syarifuddin Yoes II (Ring Road II) ini, anda cukup membayar tiket masuk saja sebesar Rp. 45.000 untuk umum dan Rp. 25.000 untuk pelajar. Beda lagi untuk di akhir pekan, tiket masuknya menjadi Rp. 60.000 berlaku untuk semua tingkatan umur.

Bukit Bangkirai

obyek wisata di balikpapan

Obyek wisata di Balikpapan selanjutnya yang kerap dikunjungi para wisatawan adalah wisata alam bukit bangkirai. Berpetualang dengan menyusuri canopy bridge atau jembatan yang menghubungkan 5 pohon bangkirai, wisata ini memberikan pengalaman tersendiri bagi para pengunjung.

Hutan Lindung Sungai Wain

obyek wisata di balikpapan

Hutan Lindung Sungai Wain merupakan sebuah hutan tropis yang ada di Balikpapan dan masih belum terjamah tangan-tangan tidak bertanggung jawab. Hutan yang luasnya mencapai 10 ribu hektar ini, menjadi tempat perlindungan dari berbagai jenis satwa dan flora langka seperti bekantan, orangutan, beruang madu, kantong semar, dan lain-lain.

Obyek Wisata Di Balikpapan Lainnya;

  • Pantai Lamaru dan Pantai manggar Segar Sari
  • Taman Bekapai
  • Wisata Militer Angkasa Air Soft Gun
  • Pasar Kebun Sayur

Meskipun masih banyak lagi tempat-tempat wisata yang belum disebutkan, namun itulah beberapa obyek wisata di Balikpapan yang paling terkenal dan banyak dikunjungi para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Semoga dengan dengan adanya artikel ini dapat menambah destinasi liburan anda bersama keluarga atau pun orang tercinta.

About the author

Lukas Podolski

Leave a Comment