Wisata

Obyek Wisata Di Lampung Yang Populer Dan Wajib Didatangi

obyek wisata di lampung

Obyek Wisata di Lampung Yang Populer – Lampung merupakan salah satu Provinsi di Indonesia dengan ibu kota Bandar Lampung, yang termasuk kota besar dan terpadat ke 3 di Pulau Sumatera setelah Medan dan Palembang. Jika dilihat dari letak geografis, Lampung terletak di ujung selatan Pulau Sumatera, yang kurang lebih berjarak 165 km dari sebelah barat laut Jakarta.

Lampung memiliki pelabuhan utama yang letaknya tepat di bagian selatan yaitu pelabuhan panjang dan pelabuhan bakauheni. Sedangkan di bagian utara, kota ini berbatasan dengan Provinsi Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Selain itu, Lampung juga mempunyai berbagai tempat wisata yang gak kalah keren dengan wisata yang ada di Indonesia. Nah, apa saja obyek wisata di Lampung? Simak Ulasannya Berikut ini.

Obyek Wisata di Lampung yang Harus Dikunjungi

Taman Nasional Way Kambas

obyek wisata di lampung

Berbagai obyek wisata di Lampung yang paling terkenal dan wajib untuk dikunjungi adalah Taman Nasional Way Kambas. Wisata ini adalah taman nasional yang berfokus pada perlindungan dan pelatihan gajah, sehingga sangat menarik untuk dikunjungi. Disini pengunjung dapat melihat berbagai pertunjukan gajah seperti sepak bola gajah, menaiki gajah, atau pun pertunjukan lainnya. Selain dari gajah, taman nasional way kambas ini juga melindungi melindungi hewan yang hampir punah seperti badak sumatera dan harimau sumatera.

Pantai Pasir Putih

obyek wisata di lampung

Pantai pasir putih merupakan salah satu obyek wisata di Lampung yang sangat terkenal dan sering di padati pengunjung dari berbagai daerah. Pantai ini berjarak sekitar 20 km dari kota Bandar  Lampung, sehingga kurang lebih hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk sampai di tempat ini. Pantai ini menawarkan pemandangan laut yang indah dan sangat terkenal dengan pasirnya yang berwarna putih.

Menara Siger

obyek wisata di lampung

Menara Siger merupakan sebuah bangunan kuning yang bentuknya seperti mahkota perempuan adat Lampung. Berdiri tegap diatas menara yang berlokasi di sekitar pelabuhan bakauheni ini, merupakan titik nol lintas Sumatera yang sudah menjadi salah satu obyek wisata di Lampung sangat populer.

Teluk Kiluan

obyek wisata di lampung

Obyek wisata di Lampung selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Teluk Kiluan, yang dimana wisata ini dapat memberikan pengalaman unik seperti melihat lumba-lumba langsung yang ada di habitatnya. Waktu yang tepat untuk melihat lumba-lumba di teluk kiluan yaitu pada saat bulan April sampai dengan September, sebab kemunculan lumba-lumba tersebut secara alami sangat dipengaruhi cuaca.

Air Terjun Putri Malu

obyek wisata di lampung

Berlokasi di Wilayah Way Kanan, wisata alam Air Terjun Putri Malu ini menjadi obyek wisata di Lampung yang sering dipadati para para pengunjung. Karena di wisata ini menawarkan pemandangan yang mempesona dan udaranya sangat sejuk, sehingga tidak sedikit yang berdatangan untuk berfoto atau berenang di danau yang berada di bawah air terjun. Air terjun dengan ketinggian sekitar 80 meter ini sedikit agak bengkok sehingga terkesan seperti malu-malu, itulah sebabnya air terjun tersebut dinamakan Air Terjun Putri Malu.

Gunung Krakatau

obyek wisata di lampung

Obyek wisata di Lampung yang satu ini, tentunya semua orang sudah sering mendengarnya. Berada di selat sunda, Gunung Krakatau salah satu tempat wisata yang tidak hanya menyuguhkan wisata pegunungan, tetapi juga wisata bahari. Gunung yang pernah meletus pada tahun 1883 ini, saat ini sudah menjadi konservasi alam dan untuk dapat mengunjungi area gunung tersebut anda harus mendapatkan izin dari balai konservasi setempat.

Taman Wisata Lembah Hijau

obyek wisata di lampung

Taman wisata lembah hijau ialah salah satu obyek wisata di lampung yang menawarkan pemandangan alam dan wahana air. Wisata yang dibuka sejak tahun 2006 ini, memiliki luas lahan sekitar 30 hektar yang 80% areanya adalah alam. Dengan tiket masuk taman sebesar Rp. 10.000 dan Rp. 35.000 jika ingin memasuki area water boomnya, tempat ini sering dijadikan wisata favorit keluarga bagi masyarakat Lampung.

Taman Purbakala Pugung Raharjo

obyek wisata di lampung

Satu lagi obyek wisata di Lampung yang menakjubkan dan tidak bisa dilewatkan, yaitu wisata Taman Purbakala Pugung Raharjo. Tempat rekreasi yang berlokasi di Desa Pugung Raharjo dan kira-kira 52 km dari kota bandar Lampung ini, memiliki koleksi peninggalan purbakala berbentuk yang berupa kuburan batu, altar batu, meja batu, batu mayat, dan lain sebagainya.

Obyek Wisata Di Lampung Lainnya;

  • Pulau Kubur dan Pulau Pahawang
  • Pantai Teluk Kiluan dan Pantai Mutun
  • Pantai Sari Ringgung dan Pantai Teluk Kiluan
  • Taman Kupu-Kupu Gita Pertsada

Itulah deretan informasi tentang obyek wisata di lampung yang menarik dan dapat dijadikan destinasi liburan bersama keluarga dan orang tercinta. Baca juga; Tempat wisata di Surabaya, Jawa Timur, yang dijuluki sebagai kota Pahlawan.

About the author

Lukas Podolski

Leave a Comment