undang-undang kesehatan

Undang-undang kesehatan merupakan salah satu hal yang harus dipatuhi oleh semua orang. Indonesia dalam hal ini masih mengalami keterlambatan dalam hal pembangunan kesehatan. Hal ini terlihat dengan jelas dengan tingginya angka kematian dalam berbagai bidang kesehatan. Contohnya saja dalam kualitas air, penularan HIV, serta kematian ibu melahirkan.

Permasalahan tersebut tentu saja mempengaruhi kualitas kehidupan masyarakat Indonesia. Untuk informasi bagi Anda bahwa Indonesia mengalami penurunan pada posisi peringkat Human Development Growth Index. Indonesia bahkan mendapat peringkat nomor 111 pada tahun 2010 silam.

Upaya Meningkatkan Kesehatan Dengan Undang-Undang Kesehatan

undang undang-kesehatan

Hal yang bisa dilakukan dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia adalah dengan menegakkan undang-undang kesehatan. Perlu adanya upaya yang sangat keras untuk membangun kesehatan di Indonesia. Penyediaan Sumber Daya Manusia dalam pelayanan kesehatan adalah salah satu diantaranya.

Penyediaan SDM kesehatan juga harus dilakukan dengan cermat dan merata, terutama pada daerah yang terpencil. Kebanyakan, SDM kesehatan yang berkualitas sangatlah enggan untuk ditempatkan di daerah yang terpencil. Hal ini telah mendapatkan perhatian yang cukup serius dari Inpres No 1 tahun 2010.

Dalam Inpres tersebut, Kemenkes telah ditetapkan untuk menyebarkan banyak dari staf kesehatan di daerah-daerah yang terpencil. Dengan demikian, hal ini dapat mengatasi tingginya angka kematian akibat masalah kesehatan di daerah yang terpencil. Daerah terpencil akhirnya bisa mendapatkan layanan kesehatan yang memadai layaknya di perkotaan.

undang-undang kesehatan

 

Jika berbicara mengenai perundang-undangan tentang kesehatan, hal ini secara tidak langsung mengacu pada Undang-Undang No 10 Tahun 2004. Undang-undang tersebut merupakan salah satu landasan hukum dan payung utama bagi penyelenggara pelayanan kesehatan di lingkungan masyarakat.

Oleh karena itu, sebaiknya semua orang yang bergerak dalam bidang kesehatan untuk paham dengan apa yang ada dalam Undang-Undang kesehatan tersebut. Ada 5 hal pokok yang menjadi dasarnya,

Baca juga  Manfaat Kol Yang Perlu Diketahui Lebih Dalam

Pertama, kesehatan adalah Hak Asasi setiap manusia. Kedua, prinsip kegiatan kesehatan adalah nondiskriminatif, dan berkelanjutan. Ketiga, kesehatan merupakan investasi. Keempat, pembangunan kesehatan adalah tanggung jawab pemerintah dan masyarakat. Terakhir UU tersebut merupakan tuntutan perkembangan jaman dalam masyarakat.

Itulah beberapa hal yang penting diketahui dalam Undang-undang Kesehatan. Semoga UU tersebut dapat dipatuhi dengan baik untuk memajukan kesejahteraan bangsa Indonesia dan kualitas mutu kesehatannya.

Artikel Lain ;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *