sehat sutardja marvell - jurnal bisnis

Mata Jurnal Artikel Bisnis

Sehat Sutardja – Tokoh Bisnis Sehat Sutardja adalah seorang engineer —jika enggan dikatakan pebisnis— kelahiran Jakarta, sayangnya nama ini jarang terdengar di media tanah air.

Justru untuk mengupas lebih dalam tentang nama Sehat Sutardja, kita akan menemukan sumber-sumber yang ditulis media asing sekaliber Bloomberg dan Forbes.

Cerita tentang Sehat Sutardja adalah cerita sukses diaspora tokoh bisnis Indonesia dalam kompetisi global. Sehat adalah pionir di era semikonduktor modern.  Di tangan orang-orang seperti dirinya, dunia siap bergerak lebih cepat.

sehat sutardja - tokoh bisnis - marvell - mata jurnal - artikel bisnis

Semikonduktor bagai aliran darah di era teknologi informasi dan Sehat Sutardja bersama Marvell Technology Group adalah detak jantung semikonduktor dunia.

Tanpa semikonduktor, kehidupan kita mungkin masih tidak jauh dari era ketika bola pijar adalah penemuan paling muktahir.

Berpusat di Santa Clara – California, Marvell Technology memproduksi berbagai chip yang tertanam di perangkat Samsung, Hitachi, Seagate, Blackberry, iphone, PSP, mobile hotspot pada mobil Audi, Chromecast milik Google, Xscale milik Intel dan lainnya.

Melihat visi seorang Sehat, tak berlebihan jika dirinya disejajarkan dengan nama Steve Jobs dan bahkan Steve Jobs sendiri bukanlah orang yang benar-benar paham perkara teknologi.

marvell sehat sutardja - tokoh bisnis - mata jurnal

Tokoh Bisnis Sehat Sutardja, berawal dari radio.

Seperti anak laki-laki pada umumnya , Sehat kecil gemar ngoprek barang-barang.

“Jika turun hujan, kamu keluar (rumah) dan menari di bawah rintik hujan. Kamu lihat kupu-kupu, kamu mengejar kupu-kupu. Kamu lihat capung, kamu mengejar capung. Ini adalah hidup yang sederhana” – kenangnya.

Maka dimulailah hari-hari “pengejaran kupu-kupu” nya ketika dirinya melihat sebuah project sederhana model generator Van de Graaff pada sebuah buku hobi elektronika.

Bagai jurang tanpa dasar, Sehat Sutardja yang masih kecil tak bisa berhenti memikirkan generator dan selanjutnya dia mulai mendalami transistor radio.

Baca juga  Bisnis Untuk Pelajar Yang Menjanjikan dan Tanpa Modal

Pada usia 13 tahun, dirinya memperoleh sertifikat keahlian untuk reparasi radio di Glodok, sebuah dokumen yang kini lebih dibanggakannya ketimbang gelar diplomanya.

Lulus SMA Kanisius Jakarta, Sehat remaja hijrah ke Amerika, melanjutkan kuliah di Iowa State University. Berikutnya ia memperoleh gelar M.Sc dan Ph.D di Universitas California, Berkeley. Di Berkeley , Sehat bertemu dengan perempuan yang kelak menjadi istrinya, Weili Dai.

UC Berkeley mengabadikan nama tokoh bisnis ini menjadi nama sebuah hall.

sehat sutardja dai hall - mata jurnal - tokoh bisnis

Pada tahun 1995 bersama istri dan adiknya (Pantas Sutardja), mereka bertiga menata gagasan dari meja dapur, dengan mengusung nama Marvell yang diambil dari kata “Marvelous” yang mengisyaratkan mimpi mereka untuk membangun kerajaan semikonduktor di Santa Clara.

Hanya dalam kurun waktu 10 tahun berselang ketiganya merangsek masuk dalam Forbes’ list of the 400 richest Americans.

Dalam perjalanan menahkodai Marvell, Sehat Sutardja meraih penghargaan Inventor of the Year 2006 dari Asosiasi Hukum Kekayaan Intelektual Silicon Valley. Hingga saat ini Sehat Sutardja memiliki 440 hak paten atas namanya dan menjadi fellow of IEEE.

Baca juga artikel ide bisnis rumahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *