Wisata

Inilah Tempat Wisata Di Medan Yang Paling Terkenal Dan Wajib Dikunjungi

tempat wisata di medan

Tempat-tempat Wisata di Medan – Medan merupakan sebuah ibukota Provinsi Sumatera Utara, yang sekaligus menjadi Kota terbesar di kepulauan Sumatera. Kota yang penduduknya mayoritas dihuni suku batak ini sangat ramai dan perekonomiannya cukup berkembang, sehingga medan menjadi kota terbesar ke tiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya.

Mengingat sedikit tentang sejarah medan, Kota ini awalnya didirikan oleh Guru Patimpus Sembiring Palawi pada tahun 1590. Setelah berjalannya waktu dan perkembangan zaman yang semakin cepat, tahun 1886 medan memperoleh status sebagai kota secara resmi dan sejak tahun 1909 medan menjadi kota penting diluar Jawa.

Kota Medan merupakan satu-satunya pintu gerbang Negara Indonesia bagian barat, sekaligus pintu gerbang bagi para wisatawan yang ingin berkunjung Sumatera Utara. Berbicara mengenai wisata, Kota medan memiliki berbagai obyek wisata yang mampu menarik para wisatawan dalam negeri dan manca negara. Berikut ini matajurnal.com sudah merangkum beberapa tempat wisata di Medan yang bisa dijadikan destinasi liburan anda bersama keluarga.

Tempat Wisata di Medan Yang Wajib Dikunjungi

Danau Toba dan Pulau Samosir

tempat wisata di medan

Meskipun jauh dari Kota Medan, tak ada salahnya jika Danau Toba kita masukkan dalam daftar tempat wisata di Medan. Siapa yang tidak kenal Danau Toba?

Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia tenggara, yang dimana kini telah menjadi salah satu tempat wisata di Medan yang paling terkenal.

Seperti yang telah diketahui, di tengah-tengah danau tersebut terdapat sebuah pulau vulkanik yang dinamakan Pulau Samosir.

Ceritanya yang sering diangkat menjadi sebuah film membuat danau ini terkenal sampai ke berbagai negara, sehingga tak heran jika para pengunjung obyek wisata tersebut kebanyakan orang asing.

Keindahan danau Toba dan pulau Samosir memang sulit untuk dilukiskan, karena danau terbesar ke dua di dunia ini merupakan lukisan alam yang sangat menakjubkan. Danau dengan luas 1.130 km² ini, sudah ada sejak 75.000 tahun yang lalu dan terbentuk akibat letusan Gunung Merapi yang sangat dahsyat.

Air Terjun Dua Warna

tempat wisata di medan

Air terjun dua warna atau bisa disebut juga Air Terjun Dwi Warna ini menjadi salah satu tempat wisata di medan yang cukup populer.

Sesuai dengan namanya, wisata alam yang satu ini memang menawarkan pemandangan Air Terjun yang eksotis dengan warna airnya yang berwarna putih keabu-abuan dan biru muda.

Lokasi wisata alam air terjun dengan ketinggian sekitar 75 meter ini, terletak di Kabupaten Deli Serdang, yang kurang jika ditempuh memakan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan dari Kota Medan.

Legenda Batu Gantung di Parapat

tempat wisata di medan

tempat wisata di medan-

Tempat wisata di Medan yang cukup terkenal selanjutnya yaitu Wisata Batu Gantung yang melegenda sampai saat ini. Wisata batu gantung merupakan sebuah batu yang berbentuk seperti perempuan yang sedang menggantung, dan memiliki cerita yang melegenda bagi masyarakat Parapat.

Wisata yang satu ini mampu menarik para wisatawan dari berbagai daerah, disini pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang begitu indah dan akan lebih menarik lagi apabila anda dapat menggali cerita legenda batu tersebut.

Pesona Budaya Desa Wisata Tomok

tempat wisata di medan

tempat wisata di medan-

Sebuah desa yang terletak disebelah timur Pulau Samosir ini, merupakan tempat wisata di Medan yang menjadi tujuan utama para wisatawan yang berkunjung ke pulau tersebut.

Di tempat ini pengunjung akan menikmati pesona budaya khas batak seperti Tenunan Ulos, dan Patung Sigale-gale yang sangat terkenal dengan kemisteriusannya sampai saat ini.

Wisata Bukit Lawang

tempat wisata di medan

tempat wisata di medan-

Wisata Bukit Lawang termasuk salah satu tempat wisata di Medan yang tidak bisa anda lewatkan, karena di sini anda bisa melakukan berbagai aktivitas. Selain dapat melihat orang hutan yang ada di bukit lawang, pengunjung dari berbagai daerah yang sering datang ke tempat ini juga sering mencoba menjelajahi hutan liar sumatra yang eksotis.

Wisata Sejarah Istana Maimun Medan

tempat wisata di medan

tempat wisata di medan-

Berlokasi di Jl. Bring, Kelurahan Katamso, Kecamatan Sukarajo, Medan. Istana Maimun ini menjadi tempat wisata di Medan selanjutnya yang haru anda sambangi.

Karena di istana yang berwarna serba kuning ini, anda dapat menikmati beragam koleksi istana yang ada sejak zaman sejarah seperti Senjata Kerajaan Deli, singgasana sultan yang sangat mewah, dan masih banyak lagi benda sejarah lainnya.

Tempat Wisata di Medan Lainnya;

  • Wisata Bukit Gajah Bobok
  • Pemandian Air Panas Danau Toba
  • Keindahan Resort Taman Simalem
  • Wisata Rahmat Gallery

Meskipun masih banyak tempat-tempat wisata di Medan yang indah, namun itulah beberapa obyek wisata yang terkenal dan wajib anda kunjungi ketika berlibur ke Kota Medan, Sumatera Utara. Semoga bermanfaat dan semoga liburan anda menyenangkan.

Baca juga ; Tempat Wisata di Garut

About the author

Lukas Podolski

3 Comments

Leave a Comment