Wisata

Inilah Tempat Wisata Di Semarang yang Wajib Disinggahi

tempat wisata di semarang

Tempat Wisata di Semarang – Semarang merupakan sebuah ibu kota provinsi Jawa Tengah yang memiliki perkembangan sangat pesat, sehingga membuat kota tersebut menjadi kota terbesar ke 5 di Indonesia. Kota dengan luas wilayah yang mencapai 373.67 km² ini, memiliki jumlah penduduk lebih dari 2 juta jiwa.

Disamping itu, Kota Metropolitan ini juga memiliki banyak obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, wisata alam, atau pun wisata yang dibuat masyarakat dan pemerintahan setempat. Berikut ini adalah beberapa informasi tentang tempat-tempat wisata di Semarang, yang sangat sayang jika dilewatkan dilewatkan ketika berkunjung ke kota tersebut.

Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Lawang Sewu

tempat wisata di semarang

Berbagai tempat wisata di Semarang yang terkenal dan menarik untuk dikunjungi salah satunya adalah wisata Lawang Sewu. Tempat ini merupakan sebuah gedung tua yang sudah dibangun sejak tahun 1904 oleh Belanda, yang dimana dulunya digunakan sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda. Nama lawang sewu istilah dari bahasa Jawa yang artinya adalah seribu pintu, diambil dari sebuah gedung yang memiliki banyak pintu. Yang menarik dari wisata ini adalah suasana mistisnya didalam gedung tersebut, dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 10.000/orang, sehingga mampu menari perhatian para wisatawan dari berbagai daerah.

Pantai Marina

tempat wisata di semarang

Pantai Marina merupakan salah satu tempat wisata di Semarang yang telah dikelola oleh pemerintah setempat, menjadi obyek wisata pantai yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Pantai yang berlokasi di Jl. Yos Sudarso ini, memiliki fasilitas kolam renang, ski air, sepeda boat, taman bermain anak, dan di area sekitar pantai juga sering digunakan untuk kegiatan lari pagi sambil menikmati udaranya yang sejuk.

Air Terjun Kali Pancur

tempat wisata di semarang

Berlokasi di Desa Nogosaren, Air Terjun Kali Pancur termasuk salah satu tempat wisata di Semarang untuk kategori wisata alam yang indah dan sangat sayang jika dilewatkan. Untuk menuju Air terjun dengan ketinggian yang mencapai 150 meter ini, anda haru melewati sekitar 900 anak tangga yang mungkin akan sedikit melelahkan. Namun semua itu akan terbayar ketika sampai di tujuan, karena disana tersaji pepohonan yang hijau dan Gua walet yang akan menghiasi pemandangan yang menyejukkan mata.

Masjid Agung Jawa Tengah

tempat wisata di semarang

Masjid Agung Jawa Tengah adalah sebuah rumah ibadah umat muslim, yang termasuk tempat wisata di Makasar selanjutnya yang menarik untuk disambangi. Masjid yang di resmikan pada tahun 2006 ini, mempunyai luas sekitar 7.500 km² dan mampu menampung kurang lebih 16.000 jamaah. Selain bangunannya yang megah, disekitar masjid tersebut juga terdapat berbagai tempat yang menarik untuk bersinggah seperti perpustakaan, auditorium, kafe, toko cendramata dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pagoda Buddhagaya Watuhong

tempat wisata di semarang

Pagoda Buddhagaya Watuhong merupakan salah satu wisata religi yang ada di kota Semarang, dan kerap menjadi tujuan wisata para wisatawan. Bangunan Pagoda yang tingginya mencapai 45 meter ini adalah pagoda tertinggi di Indonesia, yang tepatnya terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan. Bentuknya yang unik dan didukung pemandangan yang indah, telah menjadi daya tarik tersendiri yang ditawarkan pada wisata Pagoda Buddhagaya Watuhong ini.

Kampoeng Wisata Taman Lele

tempat wisata di semarang

Satu lagi tempat wisata di Semarang yang haru didatangi, serta cocok untuk berakhir pekan atau ketika masa liburan panjang yaitu Kampoeng Wisata Taman Lele. Memiliki lahan seluas kurang lebih 2 hektar, wisata ini menawarkan berbagai berbagai macam fasilitas penunjang rekreasi anda bersama keluarga maupun orang tercinta. Beberapa fasilitas tersebut antar lain; kolam renang, taman bermain anak-anak, danau buatan, penginapan, kebun binatang kecil, dan lain sebagainya.

Candi Gedong Songo

tempat wisata di semarang

Terletak di lereng gunung ungaran Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Candi Gedong Songo merupakan tempat wisata di semarang yang tergolong wisata alam yang indah dan menakjubkan. Candi yang di bangun pada abad ke-9 masehi, dengan nama Candi Gedong telah diambil dari istilah bahasa jawa yang artinya sembilan bangunan.

Tempat-Tempat Wisata di Semarang Lainnya;

  • Pantai Maron
  • Umbul Sido Mukti
  • Curug Benowo
  • Taman Rekreasi Wonderia

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai tempat wisata di Semarang, yang populer dan banyak di kunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Semoga bermanfaat buat kita semua, atau bahkan bisa menjadi destinasi liburan anda yang seru dan menyenangkan.

Baca juga  Tempat Wisata di Garut

About the author

Lukas Podolski

Leave a Comment