Wisata

Tempat Wisata Di Surabaya Yang Menarik Untuk Dikunjungi

tempat wisata di surabaya

Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi – Surabaya Merupakan ibukota dari Provinsi Jawa timur, yang sekaligus menjadi kota terbesar ke 2 di Indonesia setelah Jakarta. Kota ini terkenal sebagai kota pahlawan, karena Surabaya menjadi saksi perjuangan masyarakat Indonesia mengusir dan melawan kekejaman penjajah Belanda.

Dilihat dari segi geografis, Surabaya terletak di pantai utara Pulau Jawa yang berhadapan langsung dengan selat Madura dan laut jawa, dengan luas sekitar 350,54 km². Selain terkenal sebagai kota pahlawan, Surabaya juga memiliki banyak tempat wisata yang tentunya akan membuat anda kagum dan takjub terhadap kota tersebut.

Berikut ini adalah beberapa obyek wisata yang ada di Surabaya, mulai dari wisata sejarah sampai wisata modern yang wajib untuk dikunjungi.

Tempat Wisata Di Surabaya yang Mengagumkan

Tugu Pahlawan

tempat wisata di surabaya

Tugu Pahlawan adalah sebuah monumen yang dibangun untuk memperingati dan menghormati, perjuangan seluruh prajurit atau arek-arek Surabaya yang telah gugur melawan penjajah demi kemerdekaan. Monumen ini menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di kota Surabaya, dan rasanya kurang afdol jika belum berkunjung ke tempat ini ketika di Surabaya.

Tugu yang terletak di Jl. Pahlawan dengan luas lahan lebih dari 1 hektar ini, memiliki tinggi 41,15 meter dan bentuk yang meyerupai paku terbalik. Dimana terdapat 10 lekukan dan 11 ruas pada badan tugu tersebut yang mempunyai makna atau arti tersendiri yaitu, tanggal 10, bualan ke 11 dan pada tahun 1945, yang merupakan simbol peristiwa berdarah pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Jembatan Suramadu

tempat wisata di surabaya

Jembatan Suramadu merupakan jembatan terpanjang di Indonesia, yang panjangnya mencapai 5.438 meter dan berada di atas perairan selat Madura. Dinamakan Jembatan Suramadu karena jembatan ini menghubungkan Surabaya dan Madura, dengan tujuan awal supaya mempercepat pembangunan Madura. Disamping itu, jembatan tersebut menjadi tempat wisata di Surabaya yang sangat terkenal dan menarik untuk dikunjungi.

Kebun Binatang Surabaya

tempat wisata di surabaya

Tempat wisata di Surabaya yang cukup populer dan wajib untuk disambangi adalah kebun binatang Surabaya. Obyek wisata yang berlokasi di Jl. Setail ini, dulunya adalah kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara. Dengan menawarkan harga tiket masuk sebesar Rp. 15.000/orang, kebun binatang seluas kurang lebih 37 hektar ini dapat membuat liburan semakin berkesan.

Monumen Kapal Selam

tempat wisata di surabaya

Monumen kapal selam adalah sebuah museum sejarah yang terletak di pusat kota Surabaya, tepatnya di Jl. Pemuda. Monumen yang sangat berhubungan dengan peristiwa KRI Pasopati 410 ini, dulunya milik TNI yang digunakan untuk pertempuran membebaskan Irian Barat dari Belanda. Tempat wisata ini wajib untuk dikunjungi, karena disini anda dapat masuk dan melihat ke dalam kapal selam yang sebenarnya.

Hutan Mangrove Wonorejo

tempat wisata di surabaya

Buat kalian khususnya para pecinta alam, wisata yang satu ini wajib untuk anda kunjungi, karena Hutan Mangrove Monorejo ini menyuguhkan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Wisata alam yang berlokasi dekat dengan Bandar Juanda Surabaya ini terbilang masih sangat alami, dan anda dapat menyusuri keindahan hutan tersebut dengan menggunakan perahu atau berjalan di atas jembatan bambu.

Ciputra Waterpark

tempat wisata di surabaya

Berlokasi di Surabaya Barat, Ciputra Waterpark yang merupakan sebuah wisata air terbesar di Kota Surabaya sangat wajib untuk di sambangi. Memiliki luas lahan sekitar 5 hektar dengan tema yang menyerupai dongeng petualangan simbada, tempat ini sangat cocok dijadikan wisata favorit keluarga. Untuk dapat menikmati keseruan Ciputra Waterpak, anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.70.000 untuk hari biasa dan Rp. 90.000 pada akhir pekan. Namun bagi orang tua yang berusia diatas 60 tahun, cukup menunjukan KTP asli maka dapat masuk dengan gratis.

Jembatan Baru Kenjeran

tempat wisata di surabaya

Satu lagi tempat wisata terbaru di Surabaya yang sangat mempesona yaitu Jembatan Baru Kenjaran, atau bisa disebut Jembatan Suroboyo. Jembatan yang menjadi ikon ke 2 kota Surabaya ini, belum lama diresmikan oleh ibu Risma pada 9 Juli 2016 lalu. Selain konstruksi jembatan yang keren dan unik, tempat ini juga menyajikan “Air Mancur ” yang sangat indah.

Taman Bungkul

tempat wisata di surabaya

Taman Bungkul merupakan sebuah tempat favorit untuk berkumpul masyarakat Surabaya, yang lokasinya berada di jalan raya Darmo. Di tempat atau taman ini terdapat fasilitas bermain anak-anak, bermain skateboard, jogging, atau pun melakukan aktivitas lainnya dengan suasana yang hijau dan nyaman.

Monumen Bambu Runcing

tempat wisata di surabaya

Monumen bambu runcing adalah sebuah tugu atau simbol dari perlawanan rakyat Indonesia terhadap penjajah Belanda. Salah satu cara untuk mengenang dan menghormati perjuangan pahlawan yang sudah gugur yaitu dibangunlah monumen bambu runcing, dengan keterbatasan senjata modern yang dimiliki negara Indonesia.

Tempat Wisata Di Surabaya Lainnya;

  • Wisata Jembatan Merah
  • Patung Budha Empat Wajah
  • Museum WR. Soepratman
  • Pantai Kenjeran
  • House Of Sampoerna
  • Wisata Religi Gereja Perawan Mari Tak Berdosa dan Masjid Nasional Al-Akbar

Sebagai kota Pahlawan, tak heran jika Surabaya memiliki banyak obyek wisata sejarah atau pun tempat-tempat wisata lain yang mengagumkan. Semoga Artikel Wisata ini bermanfaat dan dapat menambah daftar destinasi liburan anda bersama orang-orang terkasih. Jangan lupa baca juga artikel makanan khas Surabaya yang harus anda cicipi, tentunya sangat lezat dan dijamin akan membuat anda ketagihan.

About the author

Lukas Podolski

3 Comments

Leave a Comment