wisata terkenal di kediri

Inilah Wisata Terkenal di Kediri yang Wajib Dikunjungi

Wisata Terkenal di Kediri – Kediri merupakan salah satu kota besar yang ada di provinsi Jawa Timur, yang lokasinya berada di sebelah barat daya Surabaya. Kediri menjadi kota terbesar ke-3 di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malah, yang dimana dulunya kota ini memiliki kerajaan yang sangat terkenal yakni Kerajaan Kediri.

Kota yang menyimpan berbagai sejarah panjang ini selain dikenal dengan sebutan kota Tahu, Kediri juga mempunyai banyak tempat wisata yang tentunya akan membuat liburan anda semakin berkesan. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata terkenal di Kediri yang menarik dan wajib untuk dikunjungi.

Tempat Wisata Terkenal Di Kediri

Diulas dari berbagai sumber, inilah deretan informasi tempat-tempat wisata terkenal di Kediri yang harus dikunjungi.

Gunung Kelud

wisata terkenal di kediri

Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi yang cukup aktif di Indonesia, selain Gunung Merapi yang ada di Yogyakarta, Jawa Tengah. Gunung Kelud terakhir meletus pada tahun 2014 lalu, sampai saat ini gunung tersebut masih menjadi tempat wisata terkenal di Kota Kediri. Sehingga banyak wisatawan dari berbagai daerah yang mengunjungi gunung ini, untuk menyaksikan pemandangan yang luar biasa indahnya.

Monumen Simpang Lima Gumul

wisata terkenal di kediri

Kurang Afdol rasanya jika liburan ke Kota Kediri kalau belum berkunjung ke monumen simpang lima gumul, yang dimana bangunan monumen tersebut sangat mirip dengan Arc de Triomphe di Paris. Bangunan yang diresmikan pada tahun 2008 ini menjadi salah satu tempat wisata terkenal di Kediri, yang letaknya mempertemukan 5 jalan sehingga dinamakan Monumen Simpang Lima Gumul.

Air Terjun Dolo

wisata terkenal di kediri

Air Terjun Dolo termasuk salah satu obyek wisata terkenal di Kediri yang banyak dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah. Sebagai wisata alam yang berada di dataran tinggi dengan air terjun yang ketinggiannya mencapai sekitar 125 meter ini, menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan suasana yang sangat sejuk. Sehingga mampu membuat para pengunjung merasa nyaman menikmati keindahan alam sekitar.

Gumul Paradise Island

wisata terkenal di kediri

Tempat Wisata terkenal di Kediri selanjutnya yaitu wisata air Gumul Paradise Island. Tempat isi sangat cocok untuk dijadikan wisata liburan anda bersama keluarga, karena berbagai fasilitas yang keren dapat membuat liburan anda menjadi lebih seru. Berlokasi di Jl. Simpang Lima Gumul Barat, wisata ini menawarkan harga tiket masuk yang cukup terjangkau yaitu Rp. 20.000 untuk orang dewasa dan Rp. 15.000 untuk anak-anak.

Sumber Ubalan Kediri

wisata terkenal di kediri

Wisata Alam Sumber Ubalan Kediri termasuk tempat rekreasi yang cukup terkenal di Kediri dan tidak bisa dilewatkan. Sebab obyek wisata yang berjarak sekitar 17 km sebelah timur kota Kediri ini, sangat cocok untuk bersantai sambil ditemani pepohonan yang rimbun dan udara sejuk yang dipercaya dapat menghilangkan penat. Selain itu, terdapat juga wahana permainan anak-anak dan orang dewasa seperti kolam renang, kolam pancing, sepeda air, serta panggung hiburan.

Gua Selomangleng

wisata terkenal di kediri

Menurut cerita sejarah, Gua Selomangleng ini dulunya adalah sebuah tempat bertapa dan mengasingkan diri, oleh Dewi Kilisuci yang merupakan putri dari Raja Erlangga. Dimana Dewi tersebut telah menolak tahta kerajaan yang diberikan kepadanya, sehingga ia pergi mengasingkan diri di Gua Selomangleng. Gua ini berlokasi di Desa Waung, Mojoroto, yang kurang lebih berjarak 7 km dari pusat kota Kediri.

Kampung Inggris

wisata terkenal di kediri

Kampung Inggris adalah salah satu wisata terkenal di Kediri, tepatnya di daerah Pare yang cukup menarik untuk dikunjungi, karena disini terdapat sebuah kampung yang penduduknya berkomunikasi sehari-hari menggunakan bahasa Inggris. Kampung ini sangat terkenal ke seluruh Indonesia, dan disini anda menemukan banyak lembaga kursus bahasa Inggris, bahkan tidak sedikit siswa atau mahasiswa yang berdatangan untuk belajar.

Candi Surawana

wisata terkenal di kediri

Sebagai salah satu candi kecil yang bercorak Hindu, Candi Surawana sering dikunjungi oleh masyarakat umum. Candi yang terletak di kawasan Pare ini, sudah dibangun sejak abad ke 14 yang bertujuan untuk menghormati Raja Bhre Wengker. Untuk mengetahui lebih dalam tentang sejarah Kediri, cobalah untuk berkunjung ke Candi Surawana.

Tempat Wisata Terkenal Di Kediri Lainnya;

  • Museum Fotografi
  • Kediri Water Park
  • Gereja Puh Sarang
  • Gua Maria Pohsarang
  • Konto River Rafting

Itulah kumpulan tentang tempat-tempat wisata yang paling terkenal dan menarik untuk sambangi yang ada di Kediri, Jawa Timur. Semoga artikel ini dapat menambah daftar destinasi liburan anda bersama keluarga, teman atau pun orang tercinta. Baca juga; Artikel tempat wisata di lombok yang mempesona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *