Bisnis

Memulai Usaha Ternak Ayam Potong Yang Menguntungkan

usaha ternak ayam

Mata Jurnal Artikel Bisnis

Buat kalian yang sedang bergumul ingin memiliki usaha tersendiri, cobalah untuk memulai usaha ternak ayam potong! Meskipun sudah banyak pengusaha yang menjalani bisnis ini, namun hampir rata-rata mereka sukses menjalani usaha tersebut. Hal ini dikarenakan bisnis ternak ayam mempunyai target pasar yang tidak ada matinya.

Dapat dibayangkan berapa banyak bisnis kuliner yang ada di luaran sana, mulai dari restoran mewah sampai yang berderet di pinggir jalan yang banyak membutuhkan bahan dasar ayam. Belum lagi untuk kebutuhan rumah tangga lainnya seperti acara-acara besar, dan menjelang hari raya.

Meskipun terdengar mudah, namun bukan berarti tidak ada hambatan dalam menjalani usaha ternak ayam potong. Seperti halnya masalah yang muncul seperti penyakit ayam, mahalnya harga pakan, biaya transportasi dan pesaing. Bahkan tidak menutup kemungkinan juga peternak memilih menutup usahanya, karena takut menerima jumlah kerugian yang lebih besar.

Oleh sebab itu, bagi para pemula yang ingin menggeluti bisnis ini, sebaiknya untuk merencanakan sebaik mungkin. Seperti memperhatikan berapa poin penting berikut ini.

usaha ternak ayam

Tips Apuh Memulai Usaha Ternak Ayam Potong

Pemilihan jenis bibit ayam

Ingin memulai bisnis peternakan ayam baik itu ayam potong atau ayam kampung, hal terpenting dalam menjalani bisnis ini adalah komitmen perawatannya. Disamping itu, jika berbicara tentang peluang usaha ternak yang cukup menjanjikan yaitu ternak ayam potong. Pertumbuhan ayan jenis ini sangat cepat, harga bibitnya pun cukup murah dan banyak sekali peminatnya.

Mencari supplier yang berkualitas

Mencari supplier DOC (Daily Old Chicken) yang berkualitas sangat menentukan keberhasilan usaha ternak ayan potong anda. Maka dari itu penting untung memperhatikan ciri DOC sebelum membelinya. Hal yang perlu diperhatikan selain dari harga yang murah yaitu mempunyai mata yang cerah, warna bulu cerah dan kering, tidak memiliki sisa anus dan aktif.

Ukuran dan fasilitas kandang yang memadai

Penting untuk anda ketahui, selain memilih bibit yang baik dan berkualitas. Ukuran dan fasilitas kandang juga harus memadai, seperti luas kandang, intensitas cahaya, sanitasi, ventilasi udara hingga ketinggian tempat minum. Bagai mana pun hal-hal tersebut sangat mempengaruhi pertumbuhan si ayam.

usaha ternak ayam

Pakan yang berkualitas

Supaya usaha ternak ayam potong atau ayam kampung anda berkembang baik, usahakan untuk membeli pakan yang berkualitas baik. Jadi bukan hanya kenyang tetapi juga dapat membuat bobotnya naik.

Vaksin dan vitamin

Pentingnya memberikan vaksin dan vitamin supaya ayam tidak gampang terserang oleh penyakit. Karena kebanyakan penyakit ayam jenisnya menular, maka salah satu ayam terserang penyakit anda bisa anda bisa kehilangan ayam satu kandang  jika enggan memberikan vaksin dan vitamin.

Menjalin kemitraan

Pada umumnya banyak perusahaan yang menawarkan kemitraan, sekaligus menyediakan bibit, pakan, vitamin dan obat-obatan. Sehingga peternak hanya menyediakan lahan untuk kandang dan perawatan. Cara ini cukup praktis dan hemat, meskipun keuntungannya tidak sebesar usaha ternak ayam sendiri.

Itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan jika ingin memulai usaha ternak ayam. Selain itu, anda juga bisa belajar kepada peternak yang sudah lama berkecimpung di bidang tersebut. Semoga bermanfaat dan sukses!

Baca Juga ;

Cara Sukses Dalam Menjalani Bisnis Jual Beli Pakaian

Bisnis Yang Menguntungkan Disaat Musim Hujan Tiba

About the author

Lukas Podolski

Leave a Comment