Waduk Jatiluhur purwakarta

Waduk merupakan sebuah kolam berukuran luas yang bertujuan untuk menyimpan air dan biasa juga disebut sebagai danau buatan atau bendungan. Luas dan banyaknya air suatu waduk biasanya dimanfaatkan sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Irigasi, persediaan bahan Air PDAM, Budidaya Ikan, dan sekaligus merangkap digunakan sebagai tempat wisata. Seperti halnya Waduk Jatiluhur Purwakarta yang berjarak sekitar 9 km dari pusar perkotaan, tepatnya terletak di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Jawa Barat.

Waduk Jatiluhur Purwakarta merupakan Waduk terbesar di Indonesia, yang dibangun pada tahun 1957 dengan luas sekitar 8300 hektar. Waduk yang dulunya merupakan agenda utama dari Presiden RI Pertama Ir. Sukarno, dengan tujuan sebagai pembangkit listrik untuk wilayah Jakarta dan Jawa Barat. Kini telah merangkap fungsi menjadi salah satu tempat wisata favorit di Purwakarta, karena memiliki panorama yang indah dan menakjubkan.

tempat wisata di purwakarta

Selain itu, di area sekitar Waduk Jatiluhur Purwakarta terdapat objek lain yang menarik untuk diambil gambar atau video seperti pemandangan bukit yang mengelilingi waduk. Dengan fasilitas yang menyenangkan dan terbilang cukup lengkap seperti Selancar Angin, Ski, Memancing, dan berperahu mengelilingi waduk. Sehingga Waduk Jatiluhur Purwakarta ini mampu menarik perhatian para wisatawan dari berbagai daerah, untuk berkunjung menikmati indah dan serunya wisata tersebut.

Obyek wisata Waduk Jatiluhur semakin asik dengan tersedianya Water Boom yang berada di lokasi sekitar waduk, dengan menyajikan kolam renang untuk orang dewasa dan anak-anak. Berbagai wahana menarik pun disediakan di area Water Boom seperti seluncuran yang sedikit memacu adrenalin, ember tumpah yang siap membasahi para pengunjung, dan masih banyak lagi wahana seru lainnya.

Waduk Jatiluhur purwakarta

Untuk memasuki wisata Jatiluhur Purwakarta, anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 pada hari senin – jumat, dan Rp. 7.500 pada hari sabtu atau minggu, harga yang cukup terjangkau bagi yang ingin wisata keluarga. Sedangkan jika anda ingin memasuki area Water Boom anda bisa membeli tiket seharga Rp. 27.500/orang untuk hari senin – jumat, dan Rp. 30.000/orang untuk hari sabu – minggu.

Baca juga  5 Makanan Khas Surabaya yang Harus Anda Coba

Disekitar area waduk Jatiluhur Purwakarta juga tersedia fasilitas penginapan atau Hotel, jadi bagi para pengunjung yang ingin menginap atau menikmati keseruan wisata ini lebih lama, tidak perlu khawatir masalah tempat istirahat. Setelah puas dengan keindahan dan keseruan yang ada di wisata waduk tersebut, sebelum pulang sebaiknya anda menyempatkan waktu sebentar untuk mampir ke pusat oleh-oleh atau souvenir yang ada di sekitar area waduk Jatiluhur Purwakarta. disitu anda bisa membeli berbagai kerajinan dan makanan khas masyarakat Purwakarta.

Sedikit tips buat kalian yang ingin berkunjung ke Waduk Jatiluhur Purwakarta, Jika kalian suka suasana wisata yang ramai sebaiknya anda berkunjung pada saat hari sabtu – minggu. Namun apabila kalian tidak terlalu senang dengan suasana yang ramai, disarankan untuk datang pada hari senin – jumat atau hari kerja.

Demikianlah ulasan tentang wisata seru waduk Jatiluhur Purwakarta yang cukup menarik untuk dikunjungi, semoga bermanfaat dan ketahui juga Tempat-Tempat Wisata Lainnya yang ada di Kota Purwakarta yang bisa dijadikan destinasi liburan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *